FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Catat! Kenapa Kita Harus Mengkonsumsi Susu





Kamu pasti sudah tak asing dengan slogan "Empat Sehat Lima Sempurna" yang sering digaungkan agar nutrisi tubuh selalu tercukupi. Konsep tersebut menekankan pentingnya empat golongan makanan berupa sumber kalori, protein, vitamin, dan mineral. Empat Sehat itu dilengkapi oleh susu, yang menjadikannya Lima Sempurna.

Sayangnya, minum susu selama ini identik hanya untuk anak. Padahal, susu juga sarat akan zat gizi untuk pertumbuhan dan kepadatan tulang, baik pada anak-anak maupun orang dewasa.

BACA JUGA:
Tak Mampu Beli Susu, Viral Video Ayah Serahkan Kedua Anaknya ke Petugas PSBB
Susu Jahe Jawara Penangkal Virus Corona dari Subang
Ternyata Susu Dibutuhkan oleh Semua Usia
Dua Pendapat Berbeda Tentang Susu Rendah Lemak untuk Anak

Dilansir healthline, dalam satu cangkir susu terkandung protein, kalsium, vitamin, kalium, fosfor, omega-3, dan nutrisi penting lain yang tidak tercakup dalam makanan. Tak hanya itu, berikut 5 alasan mengapa kamu perlu mengonsumsi susu:

1. Susu dapat mengurangi stres

Ada banyak cara untuk mengurangi stres, misalnya melakukan hobi, mengobrol bersama teman, atau meminum segelas susu. Ya, kandungan lactium dalam susu dapat bekerja sebagai reseptor di otak untuk membantu mengendalikan kecemasan dan stres.

Tak hanya itu, susu juga mengandung senyawa tryptophan yang akan dikonversi menjadi hormon serotonin. Hormon ini merupakan hormon bahagia yang dapat mengatur suasana hati.

2. Susu dapat menjaga kesehatan kulit

Susu bukan sekadar menjaga kesehatan tubuh dari dalam, melainkan juga dari luar. Kandungan vitamin dan mineral esensial yang terdapat dalam susu dapat menjaga kesehatan kulit.

Susu mengandung asam laktat yang bertindak sebagai exfoliant dan enzim yang membantu menenangkan kulit. Selain itu, asam amino dalam susu juga dapat menjaga kulit tetap lembab.

3. Susu menjaga kesehatan tulang

Dari anak-anak hingga orang dewasa, susu dapat menjaga kesehatan tulang. Mengonsumsi susu pada masa anak-anak dapat membantu pertumbuhan tulang dan gigi.

Kesehatan tulang menjadi salah satu kunci untuk tetap aktif dan sehat di masa tua. Dalam penelitian yang dilansir healthline, susu dapat mengurangi risiko osteoporosis dan patah tulang, terutama pada orang dewasa. Kandungan protein dalam susu juga dapat mencegah tulang keropos.

4. Susu membuat pencernaan lancar

Minum susu sebelum tidur tak hanya mencegah insomnia, tapi juga melancarkan buang air besar di pagi hari. Kandungan fosfor dalam susu dapat menstimulasi pencernaan vitamin B2 dan vitamin B3.

Mineral fosfor juga dapat mengurangi gejala gangguan saluran pencernaan, misalnya kembung dan indigesti. Jadi, usahakan minum segelas susu sebelum tidur, ya!

5. Susu dapat meningkatkan kesehatan jantung

Kandungan zat gizi yang terdapat dalam susu dapat menunjang berbagai kesehatan organ tubuh, salah satunya kesehatan jantung.

Dilansir Dairy Nutrition Canada, penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi susu dapat mengatasi risiko kardiovaskular hingga 10 persen. Kandungan magnesium dan kalium dalam susu berperan sebagai vasodilator untuk menurunkan tekanan darah, meningkatkan aliran darah ke organ vital, dan mengurangi stres pada sistem kardiovaskular.

Sumber: kumparan | Foto: Ilustrasi

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.



TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Jadwal Sholat Fardhu untuk Wilayah Majalengka Pada 16 Oktober 2021 https://t.co/Esm4g4nNTx
Begini Cara Mengatasi Gatal Yang Dialami Bumil Dari Sang Ahli https://t.co/FpFoyp6MIw
Usai Divaksin, Lansia di Pantura Subang Sumringah Dapat Sembako https://t.co/RrkB7cDMFi
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter