FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Jangan Pernah Membentak Pada Anak, Begini Cara Menolak Keinginan Si Kecil Secara Lembut

Indeks Artikel




SUBANG, TINTAHIJAU.com - Ketika orangtua menuruti setiap keinginan buah hatinya, secara tidak langdung ini menandakan bahwa kita sebagai orangtua tidak sayang padanya.

Mengapa demikian? Pasalnya, saat orangtua membiasakan diri untuk terus menuruti permintaan anaknya, ini akan membuat anak menjadi terbiasa mendapatkan apa yang ia inginkan dengan mudah. Tak jarang pula ini membuatnya tumbuh menjadi anak yang manja.

Tentu Mama dan Papa tak ingin anak yang seperti itu, bukan? Untuk itu, tak ada salahnya kok menolak permintaan si Kecil. Tetapi cara meolaknya pun harus diperhatikan agar anak nantinya tidak merasa terintimidasi dengan perlakuan orangtuanya.

Untuk menolak keinginan anak secara halus tanpa membentak, kali ini Popmama.com telah merangkum cara yang bisa Mama dan Papa lakukan. Yuk, coba terapkan mulai sekarang!

BACA JUGA:
Punya Anak Cerdas Banyak Nanya Ini Itu, Ini Jawaban Alternatifnya

1. Alihkan perhatiannya dengan mengajak bercanda

Saat anak menginginkan sesuatu dan membuatnya tantrum, coba tenangkan dan alihkan perhatiannya dengan mengajak bercanda yuk, Ma.

Cara ini bisa dilakukan sebagai bentuk penolakan yang halus tanpa bentakan atau memarahi. Alih-alih menggunakan intonasi tinggi, Mama atau Papa bisa mengajak bicara anak dengan bercandaan ringan untuk mengalihkan dan menenangkannya.

2. Tanya alasan dibalik keinginannya tersebut

Tak jarang anak akan marah, bahkan mengamuk jika Mama atau Papanya menolak keinginan mereka. Terlebih jika sedang berada di luar rumah, anak yang tantrum tentu cukup bikin panik dan heboh ya, Ma.

Cara terbaik menolaknya adalah dengan mengajak anak berbicara dan tanyakan dibalik keinginan tersebut. Dengan mengajak bicara anak, maka Mama dan Papa tahu alasan ia menginginkan hal tersebut.

Namun, jika keinginan yang anak mau itu dirasa tidak tepat, kita sebagai orangtua bisa menjelaskan padanya bahwa untuk saat ini mereka belum bisa mendapatkannya.



TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Digempur Medsos, Inilah 4 Langkah Media Online Tetap Survive di Era Digital https://t.co/wa1PvNLNSO
Terungkap!, Ternyata Ini yang Jadi Penyebab Pelaku Lakukan Mutilasi Pada Korban di Bekasi https://t.co/Qq6Ree463D
Pelaku Mutilasi di Bekasi Berhasil Ditangkap, Terancam Hukuman Seumur Hidup https://t.co/55Se5N9NkG
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter