FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Hai Moms!, Ini 7 Cara Membuat Bubur Bayi yang Syarat Gizi untuk Bayi

Indeks Artikel


SUBANG, TINTAHIJAU.com - Makanan pendamping ASi atau MPASI sudah mulai bisa diberikan saat bayi menginjak usia 6 bulan. Untuk membuatnya, anda tidak perlu ribet karena bisa menggunakan bahan dan alat yang sederhana dan mudah di dapat asalakan bisa mengilahnya dengan benar.

Memberikan MPASI pada anak sebaiknya jangan dibuat rumit. Kamu bisa membuatnya dengan bahan makanan yang mengikuti menu makanan keluarga. Misalnya saja, ketika memasak sayur bayam dan jagung, kamu bisa menghaluskan bahan makanan ini sesuai dengan tekstur si kecil.

Pastikan bubur bayi yang dibuat sudah memenuhi gizi seimbang. Di dalamnya berisi kandungan karbohidrat (nasi, oatmeal, umbi-umbian dan mie), protein hewani (ikan, ayam dan telur), protein nabati (tempe, tahu dan kacang-kacangan) serta vitamin dan serat yang bisa didapatkan dari sayur dan buah.

BACA JUGA:
5 Langkah yang Harus Dilakukan Bunda Saat Balita Sakit Gigi
Awas! Ada Resiko Jika Wanita Hamil di Bawah Usia 20 Tahun

Berikut ini beberapa tips dan trik dari cara membuat bubur bayi sehat yang seperti yang dirangkum dari laman detikFood, dikutip Senin (28/06/2021):

1. Peralatan yang Sesuai

Ada beberapa alat yang harus dipersiapkan untuk membuat bubur bayi 6 bulan sampai 1 tahun. Kamu bisa menyiapkan blender, panci, saringan atau slow cooker. Pastikan pisau dan talenan yang digunakan untuk memotong bahan makanan bayi terpisah dengan talenan yang digunakan sehari-hari. Karena talenan menjadi salah satu media penyebaran kuman paling besar yang bisa saja mengontaminasi makanan.

Meskipun dengan alat berupa saringan, panci, talenan dan pisau saja sudah cukup. Bagi ibu yang bekerja atau ingin lebih praktis, bisa menambahkan blender dan slow cooker. Slow cooker bisa membantu memasak makanan tanpa repot harus diaduk. Cukup masukkan semua bahan dan tunggu hingga makanan matang.

2. Jangan Masak Terlalu Lama

Setiap bahan makanan yang dimasak terlalu lama akan membuat mereka 'over cook' dan akhirnya nutrisinya hilang. Misalnya saja seperti sayuran, sebaiknya setelah dicuci diolah dengan cara dikukus, tidak direbus.

Setelah dikukus, sayuran juga bisa dihancurkan dengan saringan atau blender. Hal ini berlaku juga untuk bahan makanan lain seperti daging dan ikan supaya tidak dimasak terlalu lama.

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Oknum PNS Jualan Hasil Swab PCR Palsu, Ditawarkan Hingga Rp1,5 Juta https://t.co/GYk8Wq56rG
Ahli Gizi Buka Suara Soal Air Rebusan Mie Instan https://t.co/haymzyu6uH
Walau Jadi Lawan, Ternyata Lee Mengidolakan Mohammad Ahsan https://t.co/1sfgN5xGgc
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter