FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Ketika Si Kecil Mulai Berfikir dengan Logika


SUBANG, TINTAHIJAU.com - Suatu pagi, ketika membangunkan Renata, balita usia 4 tahun, ia berkata, ”Ada matahari! Berarti sekarang sudah pagi, ya, Bu?” Ia paham bahwa ada matahari terkait dengan konsep waktu pagi. Hal tersebut adalah bagian dari proses perkembangan kognitif yang mulai rumit.

Mulai menggunakan logika. Balita makin senang memakai logika yang agak kompleks untuk melihat sekelilingnya. Jika sebelumnya ia belajar tentang bentuk bola, kotak, dan bentuk lain, kini ia mulai memproses informasi yang diterimanya. Ia bisa mengurutkan tiga buah bola miliknya dari yang paling kecil hingga yang terbesar. Ini yang disebut dengan logika berpikir. Jangan heran jika ia mulai menggunakan logika ini untuk benda-benda lain. Bahkan untuk membedakan dirinya dengan kakaknya. Seperti, ”Aku masih pendek, kakak sudah tinggi dan ibu lebih tinggi lagi.”

BACA JUGA:
Hai Mom!, 6 Vitamin dan Mineral Ini Sangat Dibutuhkan Anak
Ada 7 Manfaat Dahsyat Jika Anak Dilatih Tulis Tangan
Hai Mom, Jangan Terlalu Banyak Makan Sosis Saat Hamil, Nanti Begini Akibatnya
10 Makanan yang Disukai Ibu Hamil
Apakah Ibu Menyusui Boleh Minum Kopi? Cek Faktanya Disini

Pemahaman konsep ukuran benda sejenis adalah pemahaman dasar matematika yang membantu anak mengembangkan kemampuan kognitifnya. Anda boleh bangga, balita sudah semakin pandai.

Gemar matematika. Sekarang saatnya Anda lagi-lagi mendampinginya karena ia butuh bantuan Anda untuk mengembangkan kecerdasannya. Tentu tak perlu menguasai teori matematika ketika mengajarkannya konsep ukuran. Cukup gunakan logika saat menghadapi peristiwa sehari-hari.

Misalnya, ketika piknik dan membawa gelas berbagai ukuran, minta anak menyusun dan mengurutkan berdasarkan ukuran kecil ke besar. Ia akan senang melakukannya dan menemukan logika dalam keseharian semacam ini.

Logika tak cuma soal matematika. Anda bisa mengajaknya memahami konsep “gelap terang” dan “malam pagi”. Anak senang mengetahui di malam hari ia bisa melihat bulan dan bintang. Balita terlatih berpikir logis, yang bisa menjadi dasar cintanya pada ilmu pengetahuan di kemudian hari.

Sumber: AyahBunda.com | Foto: Ilustrasi

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Alhamdulillah, Populasi Badak Jawa dan Elang Jawa Bertambah https://t.co/UbrG0rQhxo
Anji Drive Ditangkap Karena Kasus Narkoba https://t.co/LCTmNjuha1
Gawat!, Covid-19 di Jakarta Menngkat 302 Persen https://t.co/DH3YpTeYft
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter