FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Ada 7 Manfaat Dahsyat Jika Anak Dilatih Tulis Tangan

Indeks Artikel


SUBANG, TINTAHIJAU.com - Di zaman di mana laptop dan tablet telah menjadi pusat perhatian, menulis dengan tangan menjadi praktik yang mulai ditinggalkan. Perangkat digital telah membuat pengetikan menjadi metode yang lebih konvensional untuk mencatat catatan dan data.

Kendati demikian, penelitian baru menunjukkan bahwa menulis tangan adalah keterampilan penting dan memiliki beberapa manfaat.

BACA JUGA: Apakah Ibu Menyusui Boleh Minum Kopi? Cek Faktanya Disini

Kegiatan menulis dengan tangan membantu anak-anak meningkatkan daya ingat, hingga meningkatkan kreativitas mereka. Selain itu, menulis dengan tangan adalah keterampilan perkembangan utama bagi anak-anak.

Berikut sejumlah manfaat menulis dengan tangan bagi anak-anak, sebagaimana dilansir AsiaOne.

1. Meredakan stres, depresi dan kecemasan

Menulis dengan tangan meningkatkan aktivitas di bagian otak yang mirip dengan meditasi.

Faktanya, penelitian mengungkapkan bahwa menulis tentang pengalaman stres dapat menghasilkan lebih banyak manfaat terapeutik seperti menghilangkan stres dan memerangi pikiran depresi.

Ketika Anda menulis tentang perasaan Anda setiap hari selama 15 sampai 30 menit, itu dapat menghasilkan manfaat kesehatan fisik dan mental yang terukur. Studi menyebut ini sebagai obat menulis.

BACA JUGA: Anak Kecil Tidak Mau Pakai Baju, Coba Cek Alasannya Disini

2. Meningkatkan fokus

Jika Anda mendapati anak Anda terganggu dan sulit berkonsentrasi, cobalah beberapa latihan tulisan tangan. Ini termasuk menuliskan pemikiran mereka, atau sekadar menggambar atau menulis beberapa kalimat di buku catatan.

Menulis dengan tangan tidak hanya membantu anak-anak dengan Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD), tetapi juga membantu anak-anak meningkatkan konsentrasi mereka secara umum.

Ini karena proses menulis menggunakan bagian tertentu dari otak yang berfungsi sebagai penyaring. Ini memblokir informasi yang tidak relevan dan membantu penulis fokus.

Baca selengkapnya di halaman berikutnya

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Alhamdulillah, Populasi Badak Jawa dan Elang Jawa Bertambah https://t.co/UbrG0rQhxo
Anji Drive Ditangkap Karena Kasus Narkoba https://t.co/LCTmNjuha1
Gawat!, Covid-19 di Jakarta Menngkat 302 Persen https://t.co/DH3YpTeYft
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter