FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Apakah Ibu Menyusui Boleh Minum Kopi? Cek Faktanya Disini

Indeks Artikel


SUBANG, TINTAHIJAU.com - Saat ini minum kopi telah menjadi kebiasaan dan gaya hidup bagi sebagian orang, namun demikian kopi juga memiliki zat adiktif sehingga bagi orang yang telah biasa minum kopi maka mereka akan selalu ingin minum kopi jika tidak menemukannya.

Namun bagaimana dengan Ibu yang sedang menyusui, apakah Ibu yasng sedang menyusui boleh minum kopi?

Jawabannya, minum kopi selama masa menyusui boleh saja, namun ada batasannya dan harus memperhatikan sejumlah hal ini.

Takaran minum kopi yang aman bagi ibu menyusui adalah kurang dari 200 mg perhari. Itu karena kopi mengandung kafein. Jika konsumsi perhari kurang dari batas tersebut maka ibu menyusui boleh minum kopi. Tapi ingat, kafein juga terdapat di dalam cokelat dan teh.

BACA JUGA: Manfaat Alpukat untuk Ibu Menyusui

Lantas apakah kebiasaan minum kopi juga bisa memengaruhi kesehatan tubuh mama, produksi ASI, serta kesehatan si Kecil?

Berikut fakta-fakta tentang aturan minum kopi bagi ibu menyusui yang dikutip dari PopMama.com:

1. Fakta tentang kafein

Kandungan dalam kopi yang dikhawatirkan bisa mengganggu kesehatan adalah kafein. Kafein sendiri merupakan salah satu jenis stimulan dan diuretik, Ma.

Stimulan ini berarti konsumsi kafein berlebihan dapat meningkatkan tekanan darah dan detak jantung, yang bisa mengganggu pola istirahat mama. Padahal saat baru mulai mengurus bayi, istirahat menjadi salah satu hal penting ya, Ma.

Selain itu, konsumsi kafein berlebihan juga dapat meningkatkan frekuensi buang air kecil. Ini menyebabkan penurunan kadar cairan tubuh dan dapat menyebabkan dehidrasi.

Tak cuma di kopi, kafein juga terdapat pada beberapa jenis minuman lain termasuk beberapa jenis teh seperti teh hijau, minuman berbahan dasar cokelat, serta minuman berkarbonasi.

BACA JUGA: Hikmah yang Didapatkan oleh Ibu Menyusui

2. Aturan Minum Kopi Saat Menyusui

Pada dasarnya, saat menyusui, Mama tetap boleh minum kopi, kok. Hanya saja, Mama perlu paham bahwa segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Termasuk untuk minum kopi saat Mama masih menyusui.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), jumlah batasan konsumsi kafein yang dianjurkan per hari maksimal 300 mg. Ini setara dengan 2-3 cangkir kopi.

Namun, ketahuilah bahwa kandungan kafein dalam secangkir kopi dapat bervariasi. Ini bergantung pada jenis biji kopi dan waktu pembuatannya.

Meski sudah diberikan batasan porsi, tetap akan jauh lebih baik jika Mama berhenti atau benar-benar mengurangi di bawah porsi tersebut demi kesehatan mama dan si Kecil.

3. Efek minum kopi terhadap ASI

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Wisatawan dan Pengelola Destinasi Wisata Harus Sama-sama Taat Prokes https://t.co/lwR63ehSRg
Ratusan Kendaraan Dari Bandung Menuju Subang Diputar Balik https://t.co/KtdU8qC6Iz
Pemimpin Hamas Kirim Surat Ke Jokowi, Isinya Bikin Haru https://t.co/ZmaUcrNjnd
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter