FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Subang dan Kegalauan Politik Generasi Milenialnya



SUBANG, TINTAHIAU.COM - Subang adalah salah satu Kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Luas kota ini sekitar 2.052 km² dengan populasi sebanyak 1.594.903 dengan jumlah laki-laki 799.932 dan perempuan 794.971 menurut data Dukcapil pada tahun 2021.





Kabupaten ini berbatasan langsung dengan Laut Jawa di utara, Kabupaten Indramayu di timur, Kabupaten Sumedang di tenggara, Kabupaten Bandung Barat di selatan, serta Kabupaten Purwakarta dan Kabupaten Karawang di barat.

Kota ini tidak begitu besar, setiap tahun lulusan pendidikan baik ditingkat SMA atau perguruan tinggi masih dirasa belum terlalu banyak, dibeberapa daerah malah masih banyak lulusan SD dan SMP, namun geliat kehadiran Universitas atau perguruan tinggi di kota ini bisa dikatakan berkembang.



Kabar terbarunya bahwa Kampus UPI di bandung akan pindah ke kota Subang yang berlokasi di jalancagak, walaupun kehadiran kampus di Subang mulai digiatkan, namun belum bisa dibilang rasa cukup untuk bisa mewadahi seluruh putra-putra terbaik di kota ini, mengingat setiap tahun masih banyak juga lulusan SMA yang belum bisa mendapatkan akses ke perguruan tinggi, sebagian mungkin ada yang kuliah keluar kota.

Lulusan SMA, perguruan tinggi atau mereka yang lahir di era 90 an, bahasa sekarangnya adalah mereka di sebut sebagai sebuah generasi Alfa/Milenial atau generasi Z, generasi ini adalah generasi unik, sebuah generasi yang terbuka, hidup di sebuah zaman yang saat ini kita sebut sebagai zaman peralihan.



Zaman yang dahulunya orang mengerjakan sesuatu dengan segala hal manual atau konvensial sedangkan hari ini semuanya dengan serba digital, hanya dengan rebahan buka aplikasi orang bisa melakukan transaksi apapun, terlebih ketika bangsa ini dihadapkan pada wabah pandemi yang segala sesuatu halnya termasuk aktifitas belajar saat itu semuanya dikerjakan dengan secara daring.

Inilah kehidupan zaman ini, anak-anak terus tumbuh, sebuah generasi terus lahir dan zaman terus berubah dengan begitu sangat cepat, tanpa sedikitpun kita bisa mampu menahan lajunya deras perubahan ini yang begitu sangat-sangat cepat.

Subang, setiap tahun generasi ini terus tumbuh. aktifitas mereka saat ini tidak pernah lepas dari handphone, main media social seperti Facebook, Twitter, Instagram, Tik-tok, aktif berkomunitas dengan hobinya masing-masing, nongkrong di kafe dan lain sebagainya, inilah jagat dunia generasi alfa. mereka berkomunikasi satu sama lain tanpa mungkin bertemu secara langsung namun mereka punya kehidupan dalam ranah dunianya sendiri. 

Melihat ruang lingkup zaman generasi alfa yang memang seperti itu, lantas mampukah kita membaca apa yang menjadi titik kegelisahan dan kegalauan dari generasi Alfa ini. mereka adalah generasi yang perlu disentuh dengan harapan, mereka punya mimpi, punya cita-cita, menginginkan sesuatu hal yang berubah dalam hidupnya, bukan hanya dirinya tapi juga tempat tinggal dimana mereka tumbuh terutama untuk kota yang mereka cintai yaitu kota Subang.

Untuk memulai sebuah perubahan itu, diperlukan sebuah generasi yang smart secara pikiran dan mental, sebuah generasi yang terdidik, yang untuk melahirkan itu diperlukan sebuah ruang untuk proses melahirkan generasi-generasi intelektual dalam ranah dan ruang-ruang pendidikan. lantas berapa persenkan saat ini generasi alfa di Kabupaten Subang yang lulusan perguruan tinggi. Lebih banyak lulusan perguruan tingginyakah atau lulusan SMA nya. 

Terus kemana mereka setelah itu, berapa persen dari mereka yang terserap kedalam dunia kerja atau lapangan pekerjaan yang ada di Kabupaten Subang, apa saja yang sudah disiapkan oleh Pemerintahan Daerah Kabupaten Subang dan para politisi-politisi di Kabupaten Subang, apa program mereka, apa yang sudah dikerjakan dan kesiapan apa untuk menghadapi setiap tahun dari generasi alfa yang terus tumbuh dan berkembang ini.

Generasi alfa/milenial saat ini perlu tau program-program mereka ini, terutama yang menyangkut hal yang tidak jauh dari kehidupan dan dunia mereka yaitu akses pendidikan dan lapangan pekerjaan. Kita mungkin sudah melihat poster-poster para politisi di Kabupaten Subang, namun belum melihat dari program yang akan dikerjakan.

Saya sendiri belum begitu lama saat ini tinggal di Subang, asli Subang namun lama diluar, tapi akan melihat, mengamati, mencermati terutama hal-hal yang menyangkut soal kegelisan dan kegalauan dari generasi alfa.

Tiga hal sebenarnya yang saya cermati, yaitu pendidikan, lapangan pekerjaan dan akses kesehatan untuk warga miskin. Tapi untuk sementara ini saya hanya akan mengamati terlebih dahulu hal yang menyangkut generasi alfa yaitu pendidikan dan lapangan pekerjaan.  

 

Yaya Suryana I Penulis

 

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

 



TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Jual Uang Palsu di Medsos, Pasutri Asal Indramayu Ditangkap Polisi https://t.co/3AGGvsnkSY
Tipu Banyak Mama Muda di Medsos, Pria Ini Dibekuk Polisi https://t.co/80DpyNqAZB
Holywings Ditutup Pemprov Jakarta, Nikita Mirzani Buka Suara https://t.co/KjGjoysV9s
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter