FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Gaduh Mudik 2021, Memilih Pelaksanaan Kata Perpisahan

Indeks Artikel



Waktu Jalan Tol Cipali belum ada, ribuan bahkan jutaan pemudik menyemut di jalur Pantura dan atau lewat jalur Cikamurang yang mengubungkan Sadang Purwakarta menuju Palimanan Cirebon.

Biasanya, di H-5 sampai H-3 Lebaran jalanan Pantura dan Cikamurang padat merayap, efek dari peningkatan gila-gilaan volume kendaraan. Kalau sudah begini, petugas, baik Polisi, Satpol PP atau Dishub suka mengalihkan rute jalan.

Naluriyah lah ya, kalau saya sempat ngenes liat pemudik yang diover jalur, dan dialihkan jalur mudik yang mereka sendiri seperti pasrah, malah sampe masuk jalanan kampung.

Saya termasuk pemudik yang harus diover jalur ke jalan kampung, menyusuri rumah-rumah warga dengan kondisi jalan yang sing penting ada dan bisa dilewati. Efeknya, Subang-Majalengka dengan melewati daerah Indramayu, dan Sumedang yang biasa 2 jam sudah sampai rumah, harus ditempuh dengan jam berlipat lipat ganda

Ya, satu waktu, setelah sampailah di kampung halaman di daerah Majalengka, menyaksikan ratusan kendaraan yang didominasi motor itu melintas di jalan depan rumah tepat di malam takbiran.

Sumpah ini ngenes banget dan bikin nyesek. Apalagi liat pemudik motor yang bonceng anak-anak. Terpikir waktu itu, capek, lelah ngantuk gak lagi jadi penghalang demi pertemuan dengan keluarga di kampung halaman.

Nah beberapa tahun ini, sudah ada Tol Cipali. Dua jalur primadona mudik itu sepi. Kendaraan memilih Tol Cipali kecuali motor. Meskipun jalan kadang tersendat karena padat merayap, tapi dengan adanya tol, pemudik gak diputer-puterin.

Semacam ada euporia bagi pemudik saat melintas di jalan tol Cipali. Maklum saja, Tol Cipali terbilang masih baru lah. Celakanya, euporia mudik lewat tol, dua tahun terakhir ini Pemerintah mengeluakan kebijakan soal mudik lebaran

Lebaran saat ini, lebaran kedua era Pandemi, secara jelas dan tegas pemerintah melarang untuk mudik lebaran, khawatir jadi Boomerang dan bom waktu dengan penyebaran Covid-19. Apalagi, sebelumnya ramai berita kejadian mengerikan di India

Mudik dan Covid....



TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Penegakan Disiplin, Di Majalengka Polisi Razia Polisi https://t.co/yPvVc00JBD
Stok Keteter, Ridwan Kamil Minta Pusat Kirim 15 Juta Dosis Perbulan https://t.co/TlHTbj0ebJ
Video Viral: Akad Nikah Berakhir Ricuh, Mempelai Pria Ditendang Mertua https://t.co/V2nyGvK7md
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter