FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Kesegaran Gulas Bikinan Pelajar APHP SMKN 2 Subang



SUBANG, TINTAHIJAU.COM - Potensi alam yang ada di Lingkungan sekitar menjadi modal besar untuk berinovasi dan berkreasi. Apalagi mendapat dukungan dari institusi.

Seperti halnya yang dialami para siswa di SMKN 2 Subang. Dengan dukungan potensi alam yang ada di Lingkungan Sekolah, dan dukungan sistem pendidikan, pelajar kelas II sukses menciptakan minuman segar, Gulas.

Gulas, merupakan kependekan dari perpaduan Gula dan Asam. Dua komposisi ini merupakan bahan dasar utama dari minuman segar Gulas, yakni air, gula merah dan asam jawa.


BERITA LAINNYA:
Ratusan Siswa SMKN 2 Subang Dilantik Sebagai Taruna
Calon Taruna SMKN 2 Subang Meninggal Dunia Saat Latdastar
Siswa SMKN 1 Leuwimunding Juara 1 English Presentation Contest Kodim Majalengka

Dengan bimbingan guru pengajar, anak-anak kelas II SMKN 2 ini sukses menghadirkan minuman segar dengan tanpa bahan pengawet. "Kalau cuacanya panas, dan diminum dingin, kesegarannya akan terasa. Antara manis dan asam seimbang, jadi ramah di lidah," kata Guru Pembimbing, Cucun Kurniasih

Cucun menjelaskan, anak-anak yang duduk di kelas 2 ini ada kompetensi dasar yaitu membuat makanan dan minuman herbal. Berawal dari situlah, pihak sekolah mengembangkan skill anak-anak untuk membuat produk yang dihasilkan dari hasil bumi yang ada di lingkungan sekolah.

"Anak-anak kami suruh prouksi minuman herbal, dari mulai gulas, kunyit asam, dan wedang jahe, itu sudah kontinu ya. Tapi tidak hanya minuman, kita ada makanan juga sperti roti ada tahu, jadi kita bagi blok atau kelompok," kata Cucun.

Dalam proses pembuatannya, mereka memanfaatkan alat yang sederhana atau menggunakan alat manual, namun dengan menerapkan proses produksi agrobisnis pengolahan hasil pertanian, seperti  fasilitasi dan sterilisasi botol yang digunakan untuk kemasan produk



VIDEO: TANGIS ORTU PECAH DI PELANTIKAN TARUNA SMKN 2 SUBANG


"Karena kita tidak menggunakan bahan pengawet, bahan tambahan murni gula asam saja, jadi ini hanya 3 minggu, itu pun harus disimpan di dalam lemari es," imbuhnya

Minuman Gulas ini sebenarnya menjadi andalan SMKN 2 Subang. Mengingat belum dipasarkan secara umum, Gulas ini menjadi jamuan khusus untuk tamu yang datang ke sekolah. Cucun memaparkan, hambatan belum edar luas, Gulas membutuhkan izin SNI yang prosesnya tidak mudah.


FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.






TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Daftar 5 Game VR Terbaik yang Dirilis Mulai Desember https://t.co/Hrrj9xmYNu
Kabar Gembira, Ini Daftar Hari Libur di Bulan Desember 2021 https://t.co/Vc2WjQKAzf
Gelar Aninversary di Subang, Bupati Minta Komunitas Pajero Indonesia Family Promosikan Wisata dan Produk Lokal https://t.co/zFbOyyAsdb
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter