FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Peristiwa Dunia yang Terjadi 14 Oktober, Salah Satunya Jerman Nazi Mengundurkan Diri dari Liga Bangsa

Indeks Artikel



Tujuh negara mengundurkan diri (ada yang dikeluarkan) dari LBB sebelum 1946, salah satunya Jerman Nazi. (Dok: dominickcaleb)

 

 



 

SUBANG, TINTAHIJAU.COM - Sejumlah peristiwa besar terjadi pada 14 Oktober. Setidaknya pada 1933 Jerman Nazi mengundurkan diri dari Liga Bangsa-Bangsa.

Sementara pada tahun 1913 terjadi bencana Senghenydd Colliery, kecelakaan tambang batubara terburuk Inggris terjadi, dan merenggut nyawa 439 penambang.

Dikutip dari titiknol, Liga Bangsa-Bangsa (LBB) adalah sebuah organisasi internasional yang didirikan setelah Konferensi Perdamaian Paris 1919, tepatnya pada 10 Januari 1920. Fungsi-fungsi utamanya termasuk melucuti senjata, mencegah perang melalui keamanan kolektif, menyelesaikan pertentangan antara negara-negara melalui negosiasi dan diplomasi, serta memperbaiki kesejahteraan hidup global.

Ide untuk mendirikan LBB dicetuskan Presiden Amerika Serikat, Woodrow Wilson, meskipun AS sendiri kemudian tidak pernah bergabung dengan organisasi ini. Sejumlah 42 negara menjadi anggota saat LBB didirikan. 23 di antaranya tetap bertahan sebagai anggota hingga LBB dibubarkan pada 1946. Antara 1920-1937, 21 negara masuk menjadi anggota, namun tujuh di antara kedua puluh satu anggota tambahan ini kemudian mengundurkan diri (ada yang dikeluarkan) sebelum 1946 salah satunya Jerman Nazi.

Dan inilah peristiwa dunia yang terjadi pada 14 Oktober yang dikutip dari wikipedia



TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Polri Buka Suara Soal Geger "Polri Diganti Satpam Bank' https://t.co/1Kgvo0iEMy
Optimalisasi Layanan, Yudikatif di Subang Luncurkan Nasi Liwet https://t.co/5SbLKGZFUa
Laku Keras, Dalam 3 Jam Donat Dapur Mami Arsen Langsung Ludes https://t.co/d6Tt01BAIS
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter