FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Menilik Pakaian Jokowi yang Akan Dipakai di Hari Pers Nasional Nanti

Indeks Artikel




SUBANG, TINTAHIJAU.com - Setiap tanggak 9 Februari, Indonesia selalu merayakan Hari Pers Nasional, 9 Februari juga bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Persatuan Wartawan Indonesia, didasarkan pada Keputusan Presiden Nomor 5 tahun 1985. Keputusan Presiden Soeharto pada 23 Januari 1985 itu menyebutkan bahwa pers nasional Indonesia mempunyai sejarah perjuangan dan peranan penting dalam melaksanakan pembangunan sebagai pengamalan Pancasila.

Dewan Pers kemudian menetapkan Hari Pers Nasional dilaksanakan setiap tahun secara bergantian di ibu kota provinsi se-Indonesia. Penyelenggaraannya dilaksanakan secara bersama antara komponen pers, masyarakat, dan pemerintah khususnya pemerintah daerah yang menjadi tempat penyelenggaraan. Landasan ideal HPN ialah sinergi. Sinergi antar komponen pers, antara komponen pers, masyarakat dan pemerintah, seperti tergambar pada untaian pita (umbulumbul) yang membentuk huruf HPN.

Provinsi Sumatera Utara (Sumut) menjadi tuan rumah di acara Hari Pers Nasional (HPN) pada Februari 2023. Berbagai persiapan dilakukan termasuk menentukan corak pakaian yang akan dikenakan presiden pada peringatan HPN.



BACA JUGA:
Kunjungi Menara Merah Putih, Bupati Subang Ajak Warga Nikmati Keindahan Kota

Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) Sumatera Utara (Sumut) Nawal Lubis mengatakan pihaknya sengaja mengumpulkan pelaku UMKM, pengrajin kain tenun dan songket dari berbagai suku yang ada di Sumut, seperti songket Batubara (Melayu), Karo, Toba, Mandailing, Pakpak, Angkola dan Simalungun.

"Kita sengaja kumpulkan para pengrajin kain tenun dan songket ini untuk persiapan Hari Pers Nasional yang akan dijadikan pakaian khas. Baik untuk laki-laki dan perempuan," kata Nawal Lubis, Jumat (6/1).

Menurut Nawal kain tenun/songket motif Sumut akan digunakan Presiden Joko Widodo pada pembukaan HPN. Kain tenun tersebut disesuaikan dengan ciri khas Sumut yang terdiri dari berbagai suku budaya dan produk kerajinan. Sehingga HPN di Sumut memiliki warna tersendiri saat dihadiri oleh insan pers dari seluruh nusantara.

baca selanjutnya di halaman berikutnya