FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Literasi

 


Pada tenggorokan ikan etong, ada bagian yang kenyal. Sebagian orang, bagian itu dibuang. Namun ternyata, bagian itulah yang oleh sebagian orang memiliki manfaat untuk meningkatkan kejantanan laki-laki. "Saya baru tahu ternyata, katanya, bagian itu bermanfaat untuk meningkatkan vitalitas laki-laki. Saya tahu dari pelanggan," kata owner Ikan Etong A Badru, Badruzzaman kepada TINTAHIJAU.com.

Badru menceritakan, salah seorang pelanggannya sempat marah saat karyawannya membuang pada bagian daging kenyal itu. Si pelanggan menyatakan, jika pada bagian itu ada manfaat untuk meningkatkan kejantanan.

Bahkan, pelanggan lainnya yang bekerja di Dinas Kesehatan menyatakan hal yang sama. "Katanya seperti itu. Memang belum ada uji akademis atau ilmiahnya, tapi baru testimoni dari pelanggan," jelas Badru.

Terlepas dari benar atau tidaknya testimoni itu, Ikan Etong Bakar memiliki banyak protein. Dibanding ikan laut lainnya, daging ikan etong ini memiliki ketebalan di atas rata-rata. Dengan dipadukan sambel kecap, dan racikan bumbu khas, Ikan Etong ini dijamin membuat nafus makan meningkat.

Wajar, jika saat ini, Badru harus menyiapkan 1 kwintal ikan etong dalam semalam untuk memenuhi kebutuhan pelanggannya. "Semalam kita siapkan 1 kw ikan atau sekitar 150 porsi, alhamdulillah kita sudah banyak pelanggan. Ada yang dari Jakarta , Bandung dan daerah lainnya," paparnya.

Salah seorang pelannggan, Heery Juanda warga Karanganyar, Subang mengatakan dirinya hampir setiap dua pekan sekali santap ikan etong. Ia mengatakan, selain ada fungsi "kejantanan", daging ikan etong memiliki kekhasan. "Dagingnya tebal, rasanya gurih, apalagi dibakar kering. Tambah lagi, ada bisa meningkatkan vitalitas laki-laki. Jadi lengkap lah, perut kenyang, dan vitalitaspun jos," kata pria berusia 40-an tahun itu sambil teertawa. [annas nashrullah l @annas_nsh]

 

 

foto: sejumlah pelanggan saat menyantap ikan etong di Ikan Etong Bakar A BadruJl. Soperapto atau depan kantor Dinkes Subang

 

Berita Selengkapnya Klik di Sini

Berita lain terkait klik di sini