15 Tahun, Guru Mahmud Menyandang Status Honorer

KALIJATI, TINTAHIJAU.com - Hari Guru yang diperingati setiap 25 November masih menyimpan cerita sedih dari pendidik. Seperti yang dialami Mahmud (48), sudah 15 tahun mengajar, dia masih bestatus Honorer

Mahmud, ayah dari tiga anak ini tinggal di Dusun Mangga, Desa Kalijati Timur, Kecamatan Kalijati. Meskipun gaji tidak mencukupi untuk kebutuhan hidupnya, namun dia tidak mengenal capek atau lelah mendidik anak didiknya di SDN 2 ANgkas Kalijati.

BACA: Puluhan Siswa Yatim di Pabuaran Dapet Kado dari Guru


Setiap pagi dia meninggalkan keluarganya untuk menemui anak didiknya yang sudah menunggu di kelas. Semangat anak didiknya itu yang membuat Mahmud semangat mengajar.

Di tengah euporia peringatan Hari Guru, ada sedih yang dirasakan Mahmud. Maklum saja, sudah 15 tahun mengajar, dia masih menyandang sebagai honorer. Meskipun, Guru Pendidikan Agama Islam ini beberapa kali mengikuti tes CPNS namun nasib belum berpihak.

"Saya sudah beberapa kali mengajukan permohonan untuk pendaftaran CPNS, namun belum jodohnya," kata Mahmud kepada TINTAHIJAU.com di Gor PGRI Kecamatan Kalijati, Senin (25/11/2019).

Bukan rahasia lagi, sebagai guru honorer, dia hanya mendapatkan ratusan ribu setiap bulannya dari hasil mengajar di sekolahnya. Dengan menjadi PNS, Mahmud berharap pendapatan setiap bulannya ada peningkatan. "Saya berharap Pemerintah Kabupaten Subang, untuk lebih melihat lagi Guru Honorer terutama," lirih Mahmud

Tidak hanya mengajar di sekolah formal, setiap sore Mahmud harus mengajar mengaji di Masjid tempat tinggalnya. Puluhan anak diajar mengaji dari mulai mengenal huruf hijaiyah sampai membaca al-Quran.

Mimpi Mahmud menjadi PNS, bakal menjadi harapan yang tidak terjawab dalam hidupnya. Secara usia, Mahmud sudah tidak lagi memadai untuk mengikuti test CPNS. Diantara harapan dan kenyataan, Mahmud hanya bisa berharap ada keajaiban Tuhan berpihak baik untuk dia dan keluarganya. "Saya saat ini hanya menunggu keajaiban Tuhan aja, karena ikut CPNS juga usianya sudah gak bisa lagi," pungkasnya.


FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom


Banner Kanan 1
Banner Kanan 4
Banner Kanan 5
Banner Kanan 2
Banner Kanan 3
TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Friendly Match, Timnas Pelajar U-18 Vs Kesebelasan Subang https://t.co/UNS3Hx9yCl
Kurangi Kantong Plastik, Kader Muda Golkar Deni Rahayu Bagi-bagi Boboko https://t.co/uGMLTPML6P
UNESCO: Pencak Silat Sebagai Warisan Budaya Takbenda Indonesia https://t.co/Jxngb7SR8e
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page