FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Tinggalkan Subang, Silvi Adilaelani Kini Sudah Hafal 30 Juz Al-Quran

Memiliki tekad yang kuat sejak kecil untuk bisa memahami isi Alquran dan memberikan kebanggaan bagi orangtua, Silvi Adilaelani (17), remaja putri asal Subang rela jauh dari rumah untuk menuntut pendidikan agama di Purwakarta agar bisa menghafal Alquran.

Setelah empat tahun terakhir bersekolah sekaligus mondok di Ponpes Al-Muhajirin, Purwakarta, dia pun kini telah bisa menghafal 30 Juz Alquran. Di usianya yang masih remaja, Silvi memiliki keinginan yang kuat untuk menjadi hafiz agar bisa memberikan sebuah mahkota untuk orangtuanya nanti di surga. Hadis yang merupakan janji Allah itulah yang selalu dia ingat dan menjadi motivasinya selama menghafal kitab suci umat Islam tersebut.

BACA: Hafal 30 Juz Al-Quran, Silvi Ingin Berikan Mahkota untuk Ortunya di Surga

"Awalnya menghafal Alquran adalah ingin membahagiakan orang tua, apalagi kan katanya dapat memberikan mahkota untuk orang tua nanti di surga. Banyak juga hal positifnya dari Alquran ini," kata Silvi saat ditemui di Kampus I Ponpes Al-Muhajirin, Nagrikaler, Purwakarta, Kamis (16/5/2019).

Kini, santri kelas 2 di Madrasah Aliyah (MA) ponpes tersebut kesehariannya diisi oleh mengulang hafalan Alquran agar tetap bisa diingat. Selain belajar bersama siswa lain di kelas umum yang ada di ponpes, di setiap waktu luangnya dia sering kali mencoba mengulang hafalan Alquran. Ditambah lagi, kata Silvi, pada kelas khusus Tahfiz yang diikutinya, ada waktu tertentu yang diwajibkan menghafal Alquran.

"Disini ada waktu wajib menghafal Alquran, di setiap malam hari pukul 20.00 sampai 21.00 WIB. Lalu disambung sekitar pukul 02.00 sebelum atau setelah salat sunah dilakukan, setelahnya setor hafalan ke pembimbing setelah salat subuh," ucapnya.

Dia bercerita bahwa keinginannya menjadi hafiz quran semakin kuat setelah masuk Madrasah Tsanawiyah (MTs) di Ponpes yang sama. Saat dirinya berusia 13 tahunan atau saat kelas 1 MTs, Silvi telah berhasil menghafal Juz ke 30. Seiring berjalannya waktu, hafalan ayat demi ayat di setiap halaman kitab suci itu semakin bertambah.

Ia selalu mengulang ayat atau hafalan Alquran yang telah diingatnya di jam tertentu, agar tidak ada ayat yang dilupakan. Saking seringnya membaca ayat-ayat suci Alquran yang terus diulang-ulang, kini dia bisa dengan mudah menghafalnya.

"Tergantung ayat yang dihafal, palingan satu halaman satu jam sudah bisa hafal. Tapi agar lancar banget ya itu, harus terus diulang-ulang," ujar dia sambil tersenyum manis.

Silvi mengaku bahwa ia tidak pernah merasa jenuh saat menghafalkan ayat-ayat Allah SWT itu, namun rasa kantuk yang seringkali membuatnya sedikit bermalas-malasan. Namun, karena tekad dan motivasi yang kuat sejak kecil itulah, rasa malas yang menghampirinya sering pula hilang dengan sendirinya. Bahkan, seiring dengan semakin banyaknya ayat yang dihafal, Silvi menyebut dirinya pun semakin berkembang ke arah yang lebih baik.

"Dari proses penghafalan Alquran ini, ya, jadi sabar, jadi bisa mengontrol diri. Apalagi setelah hafal isi Alquran seperti apa, akhlaknya yang baik jadi mengikuti," kata dia.

Setelah lulus dari ponpes yang membuatnya menjadi hafiz Alquran, Silvi bertekad akan melanjutkan pendidikannya ke Universitas Islam Negeri atau UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Di sana dia akan tetap melanjutkan dan mendalami ilmu mengenai agama Islam dengan masuk ke jurusan Pendidikan Agama Islam. [tribunnews]




FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
Twitter: TINTAHIJAUcom
YouTube: TINTAHIJAU Channel


TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Ayam Geprek Sambal Matah khas Sugar Rush https://t.co/yGpF5CVN1m https://t.co/llYGDm63PW
Kejar SDGs, SEAMEO CECCEP Gelar Konferensi Internasional PAUD dan Pendidikan Keluarga https://t.co/ZulTLcfHvS
Belasan Pasang di Majalengka Terjaring Razia di Hotel dan Kostan https://t.co/lYUlRJdccT
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page