FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Keren! Mahasiwa Meksiko Mahir Mainkan Kacapi Suling

SUBANG, TINTAHIJAU.com - Kesenian tradisional Jawa Barat bukan saja digemari warga Indonesia, tapi disukai Warga Negara Asing. Saking cintanya, WNA Meksiko mahir dalam memainkan Kacapi Suling.

Daniel Milan Cabrera, nama WNA tersebut. Dia sudah mencintai kesenian tradisonal khas Jabar sejak 2009 lalu. Tahun itu menjadi awal Daniel belajarmusik sunda di STSI Bandung lewat Beasiswa Darmasiswa. Bukan tanpa alasan, Daniel memilih Kesenian Sunda ini, dia mengaku, ada keunikan saat memainkannya dan keasikan saat mendengarkannya.

"Saya pernah ditawari untuk main gamelan jawa, tapi saya milih gamelan sunda," kata Daniel saat bermain di panggung Launching Subang Jawara Literasi di Halaman Kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip Subang.

Pada 2011 Daniel sudah membuat single dengan judul Ritus Gunung dengan melakukan improvisasi alat musik tradisional di nusantara. Proyek musik ini mendapat support dari Pemerintahan Meksiko dengan suport dana. Pada 2018, Daniel melanjutkan pendidikannya S2 di UPI Bandung dari beasiswa Kemitraan Negara Berkembang.

Saat tampil di Halaman Kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip Subang, tidak banyak orang yang terkecoh dengan penampilannya. Kebanyakan mereka menganggap asli Warga Jabar atau Indonesia. Dengan menegnakan baju kampret hitam lengkap dengan ikat kepala, Daniel sukses memainkan Kecapi Suling di publik Subang.

"Kalau orang luar saja mencintai, dan mahir memainkan alat musik sunda, kita sebagai orang sundanya, jangan mau kalah, harus lebih hebat dari Daniel," kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Subang, Ade Mulyawadi

Di daerahnya, Merida Meksiko, Daniel mengaku tidak sedikit seniman yang 'menimba ilmu' musik tradisional di Indonesia. Bahkan ada paguyuban kesenian tradisional Indonesia. Selama ada di Bandung, Daniel sudah banyak mengenal kultur Sunda, baik dari karakter masyarakat maupun kesenian dan budayanya.


FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
Twitter: TINTAHIJAUcom
YouTube: TINTAHIJAU Channel


Twitter Update

Bawaslu Jabar Beri Santunan untuk Keluarga Pengawas TPS yang Meninggal https://t.co/qlTiXGffjj
Suara Prabowo di TPS Depok 148 Ditulis di Web Cuma 3 Suara https://t.co/DLNlMoyLvE
Jelang Ramadan Harga Cabai Merah di Pabuaran Subang Semakin 'Pedas' https://t.co/myZRZFxRi3
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page