Asiknya Berselancar sambil Menikmati Keindahan Pantai Pondok Bali, Subang

TINJAU SUBANG- Kawasan pesisir pantai utara menjadi andalan wisata pantai di Kabupaten Subang. Salah satunya pantai Pondok Bali yang berada di Legonkulon, Subang. Di lokasi ini, selain bisa menikmati keindahan laut, ternyata asik untuk surfing atau berselancar.

Tsunami yang menghempaskan Aceh, berdampak pula pada Pantai Pondok Bali. Sejak saat itu, pantai pondok bali yang menjadi primadona wisatawan, ditinggalkan pengunjungnya akibat banjir rob yang terjadi di wilayah itu.

Kini, Pondok Bali menggeliat. Meskipun belum banyak, wisatawan lokal sudah mulai kembali berkunjung ke Pantai Pondok Bali. Yang menarik, mereka yang datang, selain untuk menikmati keindahan suasana pantai, ada diantaranya untuk berselancar.

Misalnya Haris Nurdin, pemuda asal Legonkulon yang menjadi atlit Windsurfing DKI Jakarta itu memanfaatkan Pantai Pondok Bali untuk berselancar. Pada waktu-waktu tertentu, kata Haris, ombak pondok Bali ini cukup mengasikkan untuk bermain papan selancar. "Main surfing di Pondok Bali sebenarnya sama saja dengan di pantai lain. Cuma kalau kondisi ombak kalau muslim barat bagus, sangat cocok buat pemula," kata Haris.

Haris menuturkan, ombak di pantai Pondok Bali berbeda dengan di pantai selatan. "Bedanya sama tempat lain cuma ombak, hanya kalo lagi bagus dia datang sangat banyak, beda sama di pantai selatan yag harus menunggu ombak di tengah," paparnya.

Haris menyatakan, pantai Pondok Bali sangat tepat menjadi wisata alternatif pantai, terlebih bagi peselancar. Hanya saja diakui Haris, perlu ada pembenahan dari pemerintah setempat untuk kembali menggairahkan Pondok Bali dan mengundang ribuan wisatawan.

"Kalau lokasinya udah keren banget. Tapi perlu dibenahi sarana dan prasaran. Dari mulai jalan menuju ke lokasi, sampai fasilitas layaknya wisata lainnya. Ini, sebenarnya bisa jadi sumber ekonomi warga sini," kata Haris peselancar yang sudah keliling nusantara dan beberapa negara.

Lokasi Pantai Pondok Bali berada di Desa Mayangan, Kecamatan Legonkulon, Subang. Untuk sampai ke lokasi, dari Jakarta bisa keluar di Gerbang Tol Cipali, Cilamer/Subang dan menuju ke arah Pamanukan.

Yang menjadi ciri khas Pantai Pondok Bali ialah hamparan pasir putih yang membentang di sepanjang bibir pantai. Aneka kegiatan yang bisa dilakukan oleh para wisatawan seperti berenang, memancing di laut, serta tentunya menikmati keindahan Pantai Pondok Bali terutama disaat matahari tenggelam atau yang lebih dikenal dengan sunset. Sunset di Pondok Bali pokoknya tak kalah dengan sunset di pantai-pantai terkenal di Bali.

Pantai Pondok Bali ternyata memiliki legendanya tersendiri. berawal dari Penyebaran ajaran agam Islam yang dilakukan oleh para Wali ke daerah Subang. Di tempat inilah para Wali tinggal dan melakukan musyawarah. Nama Pondok Bali berasal dari kata Pondok yang artinya rumah atau tempat tinggal sedangkan Bali berasal dari kata Wali yang berubah huruf awalnya menjadi “B”, di tempat ini terdapat sumur yang di buat oleh para Wali untuk ber-wudlu mengandung air tawar sedangkan air di daerah ini biasanya payau.

Suasana pantai yang sepi, serta jauh dari keramaian orang-orang yang berkunjung seperti pada pantai-pantai pada umumnya, membuat pantai ini menjadi tempat bagi para wisatawan yang ingin merenung dan bertafakur mengenai perjalanan dirinya dengan sajian sebuah pantai yang membentang luas dan indah. Dengan berkunjung ke Pantai Pondok Bali ini, Anda akan mendapatkan keuntungan yang dobel, selain bisa menikmati keindahan dengan segala panoramanya juga bisa sekalian menyepi, bertafakur, mencari ide. [Annas Nashrullah | @JejakAnnas]

foto: dok pribadi
Follow twitter @tintahijaucom l FB: Berita Tintahijau


Banner Kanan 1
Banner Kanan 2

Twitter Update

Pemkab Majalengka Rogoh Rp3 Miliar untuk Pilkades di 142 Desa https://t.co/69W1IZbIpE
Pengurus Kwaran Majalengka Ikuti Kursus Mahir Dasar Kepramukaan https://t.co/RSJKRGTSIj
Bangun Sinergi, Ketua PD PUI Majalengka gelar Silaturahim dengan PCNU https://t.co/T4SiKAS9sW
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page