FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Mengenang Masa Lalu dalam Festival Kaulinan Subang

TINJAU SUBANG- Sekitar 140 bocah dari perawkilan Kecamatan di Kabupaten Subang tampak semangat mengikuti seleksi Kaulinan baheula (permainan dulu) untuk event tingkat Jabar di Cirebon pada 9 November mendatang.

Ada belasan jenis kaulinan baheula dipermainkan anak-anak di Lapangan Bintang, Subang. Dari mulai Jajangkungan, bakiak, rorodaan, Serodot geplok, engkle, prepet jengkol, panah, Gatrik, dan kaulinan baheula lainnya.

Tidak hanya peserta yang terlihat antusias. Para penonton yang terdiri dari warga sekitar dan siswa-siswi lainnya juga terlihat sangat antusias. Mereka menyemangati para peserta yang tengah berlatih.

Festival Kaulinan Barudak ini bertujuan untuk memperkenalkan permainan tradisional Jawa Barat yang merupakan warisan budaya kepada anak-anak. Selain itu festival ini juga bertujuan untuk mengingatkan para orang tua akan permainan di masa lalu yang kini sudah hilang.

Kepala Dinas Budaya, Pariwisata, Pemuda dan Olaharag (Disbudparpora) Subang Asep Nuroni mengatakan kegiatan merupakan bagian dari melestarikan budaya leluhur di tengah kemajuan era digital. "Ini guna melestarikan budaya yang selama ini anak-anak kita habis waktunya untuk main dan browsing internet. Kaulinan ini sudah sulit ditemukan," kata Asep.

Sayangnya, kegiatan semacam ini hanya digelar setahun sekali. Itupun dalam rangka event tingkat Jabar. Soal ini Asep berkilah, pihaknya hanya mengiukti kalender kegiatan. Namun begitu, kaulinan budak ini hampir setiap hari dilakukan di sekolah. Tidak itu saja, di tingkat kecamatan festival kaulinan itu digelar setiap bulan. [rakhmad permana]

 

Berita Selengkapnya Klik di Sini

Berita lain terkait klik di sini


TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Bubur Alpukat Sebagai Makanan Pengganti ASI https://t.co/Ylk7RzkXMA
Kenali 4 Penyebab Janin Tidak Berkembang Secara Normal https://t.co/ZiAS2tj6ax
Guru SLBN Subang Adistiana Juara 1 Pemuda Pelopor Bidang Pendidikan Tingkat Nasional https://t.co/P6xNhhsINL
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page