FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Jaga Seni-Budaya Subang, Lurah Cigadung Wacanakan Kampung Seni

TINJAU SUBANG- Berbagai upaya dilakukan guna melestarikan seni-budaya Subang. Sikap berani, bahkan muncul dari lurah Cigadung, Kecamatan Subang Yuli Merdekawati. Ia mewacanakan Kampung Seni di daerahnya.

Hal itu disampaikan Yuli Merdekawati dalam momen "Ngamumule Seni-Budaya Bareng DPRD Subang dan Lurah" di Sanggar Seni Ringkang Nonoman, Cigadung. Hadir dalam momen itu calon Ketua DPRD Subang Beni Rudiono, seniman dan budayawan, pelajar SMK Kesenian, dan warga setempat.

Pada saat yang sama, ditampilkan pula sejumlah seni tradisional sunda dan Subang yang diperankan siswa SMK Bandung dan SMK Subang. "Kita lestarikan budaya kita, tidak hanya saat ini, tapi bisa berkesinambungan. Saya berharap ini menjadi kampung seni. Di Kertadara (lokasi sanggar seni) dulu lengkap, ada seniman, budayawan dan lainnya," kata Yuli.

Sekedar informasi, di daerah Cigadung merupakan lahir seni tradisional andalan Subang, Sisingaan, sebelum akhirnya menyebar ke seluruh penjuru daerah di Jabar. Yuli dengan seni tradisional Subang sepertinya tidak terpisahkan. Selain memiliki group seni, menciptakan lagu sunda dan ia juga hobby kawihan di setiap momen tertentu. Bagi Yuli, seni menginspirasi hidupnya dan saat menjalankan tugasnya sebagai Lurah.

"Seni menginspiasri dalam melaksana tugas sehari-hari, dan melayani masyarakat. Seni memberi keindahan. Dengan adanya sanggar, bisa meyatukan kita semua, cara berfikir yang positif, indah, dan membawa wangi dan harum daerah," katanya.

Lebih jauh ia memaparan dalam seni ada keserasian. Meskipun setiap individu memiliki tugas masing-masing, namun antara satu dengan yang lain bergotong royong untuk keserasian dan menciptakan satu karya seni dan musik. "Pelaku budaya harus bisa bersatu dengan lingkungannya. Berbeda peran, tapi memiliki tujuan yang sama yaitu keindahan. Dalam seni ada keserasian, dan dalam seni ada makna gotong royong," jelasnya.

Dengan banyaknya manfaat dalam berseni, Yuli berharap semangat seniman-budayawan yang ada di sanggar Ringka Nonoman menjadi titik nol pemuda Subang untuk kembali mencintai dan melestarikan seni. Sementara itu Anggota DPRD Subang Beni Rudiono mengatakan Subang merupakan kiblat seni-budaya di Jabar.

Menurutya 60% seni budaya di jabar ada di Kabupaten Subang. "Mudah-mudahan kekayaan seni ini dipelihara dan dilestarikan sehingga ke depan Subang punya nilai jual," katanya. Dalam momen yang sama, Beni juga berjanji akan membantu Sanggar Seni itu. "Mudah-mudahan membantu anak-anak kita dalam membudayakan kesenian Subang," pungkasnya. [annas nashrullah]

 

Berita Selengkapnya Klik di Sini

Berita lain terkait klik di sini


TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Bubur Alpukat Sebagai Makanan Pengganti ASI https://t.co/Ylk7RzkXMA
Kenali 4 Penyebab Janin Tidak Berkembang Secara Normal https://t.co/ZiAS2tj6ax
Guru SLBN Subang Adistiana Juara 1 Pemuda Pelopor Bidang Pendidikan Tingkat Nasional https://t.co/P6xNhhsINL
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page