FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Wisata Pantai di Karawang yang Nyaris Hilang



Sekitar tahun 2000 pantai ini ramai oleh pengunjung. Mereka datang tidak hanya dari Karawang dan Kabupaten tetangga, melainkan dari Jakarta, Bandung dan daerah lainnya. Kesejukan suasana pantai tanjung, dan aksi kejar-kejaran ombak menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk melepas penat.

Sayangnya, pengelolaan yang kurang baik dan kondisi iklim pantai membuat sebagian tempat di pantai ini rusak terkena abrasi ombak laut. Warung lesehan yang biasa buka, tenggelam dan tersapu air laut.

Kondisi itu diperparah dengan inimnya tumbuhan bakau sebagai penahan abrasi yang mengakibatkan sebagian pantai tergerus oleh ombak. Kondisi itu tentu saja, mengakibatkan jumlah wisatawan yang setiap minggu memadati obyek wisata itu berkurang drastis, karena selain kumuh mereka khawatir dengan kondisi alam.

"Sekarang pengunjung sudah mulai sepi karena pantai tanjung baru sudah rusak banyak warung-warung lesehan yang di tinggal oleh pemiliknya rusak dan tak terurus,"papar Acep (33) salah satu pemilik warung lesehan kepada TINTAHIJAU.com (25/11/2013).

Sebuah bangunan permanen yang biasa dijadikan tempat pertunjukan terlihat rusak parah. Warna cat yang memberi kesan gagah bangunan itu mulai terkelupas, di sejumlah titik terlihat aksi vandalisme.

"Padahal dulu aula ini sering di gunakan untuk pertunjukan kesenian grup band Dewa 19 dulu pernah manggung di aula ini ‘’ujar Dedi (45) pedagang ikan bakar di pantai tanjung baru.

Kondisi itu berlangsung hingga saat ini. Belum ada upaya perbaikan wisata air dari pemerintah setempat. Wisatawanpun, kini wisatawan lebih suka berkunjung ke pantai Cibendo yang letaknya tidak jauh dari pantai tanjung baru. "Saya mengharapakan pemerintah kabupaten karawang turun tangan guna memperbaiki kerusakan di pantai tanjung baru ini agar para pengunjung berdatangan kembali, dan yang jelas inikan bisa meningkatkan PAD," ujar Dedi. [jody winata]

 

Berita Selengkapnya Klik di Sini

Berita lain terkait klik di sini


TINTAHIJAU CHANNEL
Banner Kanan 1

Twitter Update

Jarak Kelahiran Terlalu Dekat Punya Dampak Buruk Bagi Anak https://t.co/NVqCdl9kKK
Ekslusive! TPA Panembong Subang Terbakar Hebat https://t.co/duS8OF2zZ8 https://t.co/BLSi65mbWP
UU SDA Disahkan, PKS: Kedaulatan Rakyat Atas Air https://t.co/FOsioBB9Bw
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page