FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Desa Wisata Cisaat Subang Masuk 20 Besar Nominator Desa Terbaik Se-Indonesia

Indeks Artikel

SUBANG, TINTAHIJAU.com - Desa Cisaat, kecamatan Ciater kabupaten Subang adalah salah satu desa wisata yang memiliki berbagai potensi wisata yang cukup banyak dan menarik bagi para wisatawan domestik dan internasional. Desa yang di kelilingi oleh perkebunan teh dan udara yang sejuk ini telah masuk dalam 20 nominasi desa terbaik se Indonesia tahun 2020.

pada 20 November 2020 desa tersebut telah dilakukan visitasi oleh Kementrian pariwisata dan ekonomi kreatif republik indonesia dalam rangka penilaian program pendampingan desa wisata oleh perguruan tinggi yang bekerjasama dengan Deputi bidang sumber daya dan kelembagaan kementrian pariwisata dan ekonomi kreatif. Penilaian ini di lakukan guna menentukan 5 besar desa wisata terbaik se-Indonesia tahun 2020.

Desa wisata Cisaat merupakan desa binaan Program Studi Perjalanan Wisata, Fakultas Ilmu sosial, universitas negeri jakarta (UNJ). Pendampingan yang dilakukan oleh UNJ ini telah dilakukan sejak tahun 2018 hingga 2020. Program pendampingan yang dilakukan oleh UNJ adalah berbasis pada penelitian dan pengabdian, yang artinya universitas negeri jakarta melakukan penelitian pengembangan desa wisata cisaat dan kemudian luaran hasil penelitian tersebut di implementasikan kepada masyarakat desa Cisaat  melalui kegiatan pengabdian dan pendampingan masyarakat.

Menurut Rahmat Darmawan selaku ketua tim pendampingan desa wisata UNJ, Konsep besar yang di kembangkan oleh UNJ dalam program pendampingan tersebut adalah dengan mengembangkan model wisata edukasi di desa Cisaat yang berbasis pada kearifan lokal masyarakat. Wisata edukasi yang di kembangkan adalah berupa kegiatan rekreatif-edukatif yang dikemas dalam suatu pola perjalanan wisata. Produk wisata edukasi ini menjadikan seluruh potensi yang ada di desa sebagai daya tarik wisata sekaligus sebagai media pembelajaran luar sekolah, hal ini ternyata sangat mendukung program merdeka belajar yang di canangkan oleh kementrian pendidikan dan kebudayaan.

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Jangan Kaget Jika Indosiar, SCTV dan O Channel Hilang, Ternyata Pindah Frekuensi https://t.co/Wwzejgedf5
Sudah Tiga Hari Ajeng Anggun Maelani Belum Pulang, Semua Akun Medsos Dihapus https://t.co/lueOD7AMtQ
Damkar: Jumlah Kios Pasar Pamanukan yang Terbakar Sebanyak 115 Kios https://t.co/p2RncuyZoi
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter