Jadi Tujuan Wisatawan, Majalengka Harus Jaga Kearifan Lokal

MAJALENGKA, TINTAHIJAU.com - Bercita-cita menjadi daerah tujuan wisata baru di Provinsi Jawa Barat, Kabupaten Majalengka tak perlu meninggalkan kearifan lokal yang selama ini menjadi ciri khas Majalengka.

Hal itu diungkapkan Kabid Pemasaran Disparbud Jabar, Iwan Darmawan saat menjadi pembicara dalam kegiatan rutin Apamart? di Jebor Hall Jatiwangi art Factory (JaF), Desa Jatisura, Kecamatan Jatiwangi, Sabtu (8/2/020).

Menurut dia, alih-alih meninggalkan kekhasannya, Majalengka sebenarnya memiliki kearifan lokal yang bisa menjadi daya tarik tersendiri jika dikemas dengan cara yang tepat.

"Majalengka tidak perlu meniru Bandung, Ancol, tapi tetap sebagai Majalengka. Bagaimana (misalnya) Majalengka punya ini (khas) yang daerah lain nggak punya," katanya.

Yang diperlukan untuk membangun sebuah daerah menjadi tujuan wisata, lanjut dia, yakni daya kreativitas yang dimiliki oleh warganya. Dengan kreativitas yang tinggi, kearifan lokal itu bisa menjadi nilai besar.

"Pariwisata dibangun dengan kreativitas, bukan hingar bingar. Manfaatkan, memulai dengan yang dimiliki hari ini," jelas dia.

Dalam kesempatan itu, Iwan menyontohkan Banyuwangi sebagai salah satu daerah yang sukses menjadi tujuan wisata dengan tidak mengubah daerahnya menjadi daerah lain.

"Bagaimana Banyuwangi menjadi besar dengan tetap menjadi Banyuwangi. Di sana tidak ada (semacam) JCC, tapi ada festival Jazz," lanjut dia.

Masih di tempat yang sama, Bupati Majalengka Karna Sobahi menegaskan, bidang pariwisata menjadi prioritas di masa kepemimpinannya.

Untuk mendukung hal itu, Bupati sudah menginstruksikan setiap kepala organisasi perangkat daerah (OPD) untuk memanfaatkan momen yang berkaitan dengan OPD yang dipimpinnya menjadi sebuah event, sehingga bisa menarik kunjungan wisatawan.


Sumber: SINDOnews l foto ilustrasi

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom

 


TRENDING TOPIC

Banner Kanan 1
TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Maman Imanulhaq Sosialisasi Hidup Sehat dan Bagi-Bagi Sembako https://t.co/kUFMCmSHBg
Keseringan Main Ponsel, Awas Kena Sindrom 'Smartphone Pinky' https://t.co/EyWlIubaov
Anggota Koramil Ciasem Subang Sebar 1.000 Masker ke Pengguna Jalan https://t.co/MilRnq2zmR
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page