Desa Ujungberung Majalengka Hadirkan Agrowisata Durian

MAJALENGKA, TINTAHIJAU.com - Desa Ujungberung, Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka menghadirkan kawasan agrowisata durian. Sekitar ribuan pohon durian tersebar di halaman seluas 13 hektar di Blok Asem Dua di desa tersebut.

Camat Sindangwangi, Durahman mengatakan Desa Ujungberung merupakan desa yang memiliki potensi menjadi desa wisata di Sindangwangi. Pasalnya, di desa tersebut menghadirkan ribuan pohon durian khas Majalengka yang bisa dipetik sendiri oleh para pengunjung.

“Meski ada banyak desa lain yang menanam pohon durian, namun di sini merupakan durian khas Majalengka, yaitu durian jenis Perwira Sinapeul. Itu menjadi daya tarik tersendiri, karena ada sekitar 2.000 pohon tersebar di sini dan bisa dipetik sendiri,” ujar Durahman.

BERITA TERKAIT:

Sensasi Durian Cibatre dari Bantaragung Majalengka

Ini Penampakan Tugu Bola Dunia Majalengka Senilai Rp5 Miliar

Lagi Hits di Majalengka, Taman Kadipaten Rasa Malioboro

“Dari ribuan pohon tersebut, ada beberapa jenis pohon durian, yaitu pohon durian Perwira, Matahari dan Ketan,” jelasnya.

Selain menawarkan durian khas Majalengka, jelas Durahman, desa tersebut juga memiliki pemandangan beberapa gunung di belakangnya. Sebut saja, Gunung Putri, Gunung Rompang dan Gunung Kandaga.

Hal itu menjadi daya tarik lainnya yang berpotensi menjadi magnet untuk para wisatawan baik dari Majalengka maupun luar daerah. “Dari tiga gunung itu, ada Gunung Kandaga yang menjadi favorit kami untuk mempromosikan kawasan agrowisata tersebut. Karena gunung itu memiliki batu yang bentuknya mirip Gorilla,” ucapnya.

TONTON VIDEO:
Bola Dunia di Bundaran Munjul Majalengka
Traktir Mertua Makan Duren Sepuasnya


Menyikapi hal itu, pihak kecamatan Sindangwangi akan terus mengembangkan desa tersebut untuk dapat dikenal menjadi wisata durian khas Majalengka.

Oleh sebab itu, pihak kecamatan akan bersinergi dengan beberapa pihak terkait untuk mengembangkan potensi tersebut. “Kami akan terus mengembangkan desa ini, kami akan bekerjasama dengan pihak Pemerintah Desa dan Pemerintah Kabupaten Majalengka,” kata Camat Durahman.

Bahkan, lanjutnya, insya Allah ke depan pihaknya akan membuat even festival durian yang bekerjaama dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Majalengka yang dilaksanakan pada tahun ini.

Sementara, menurut Kepala Desa Ujungberung, Aris Susanto, desa yang dipimpin dirinya sudah menjadi tujuan wisata khususnya para penikmat durian. Mereka sengaja datang dan membeli durian Perwira dalam jumlah yang banyak. “Kemarin, saat tahun baru karena informasi sudah mulai menyebar, ada sekitar ribuan pengunjung saat tahun baru datang ke sini untuk berwisata buah durian, jelas yang paling diburu durian Perwira Sinapeul khas Majalengka,” ucap Aris.  

Sumber: SuaraCirebon

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom


Twitter Update

Netizen Geram Karena Ada Perusuh di AS Bertato Indonesia https://t.co/CEJ4ov0NL0
Sehari Penerapan New Normal, Supir Bus di Majalengka Terkonfirmasi Positif Covid-19 https://t.co/Q9D8a0T6LX
Puluhan Warga Purwadadi Ikuti Rapid Test, Dan Inilah Hasilnya https://t.co/YIWG1uq8Q6
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter