FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Menantang Arus Cikadondong River Tubing di Rajagaluh Majalengka

Libur Natal dan Tahun Baru 2020 sudah semakin dekat. Jika, dalam momen liburan kali ini kalian akan berencana untuk ke Majalengka, Jawa Barat, tidak salah untuk mengunjungi objek wisata air River Tubing Cikadongdong.

Objek wisata ini berlokasi di Desa Payung, Kecamatan Rajagaluh, Kabuaten Majalengka. Lokasi ini bukan satu-satunya destinasi wisata unggulan di Majalengka, masih banyak destinasi wisata lain yang tidak kalah menarik.

LIHAT VIDEO: Libur Telah Tiba, Floating Market Lembang Bandung Diserbu Wisatawan

Namun, jika ingin bermain air, wisata River Tubing Cikadongdong cukup direkomendasikan untuk mengisi liburan kali ini. Objek wisata air River Tubing Cikadongdong juga masuk nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) 2019.

Apa saja sih menariknya dari objek wisata di Majalengka tersebut? Yuk, kita simak bersama, biar penasaran.

1. Meskipun kemarau, airnya selalu mengalir deras

Cikadongdong River Tubing, Wisata Asik di Majalengka

Pengelola wisata Cikadondong River Tubing, Egi Friyadi mengatakan, dirinya tidak menduga kalau objek wisata yang dikelolanya akan masuk nominasi API kategori wisata. Dirinya berharap objek wisatanya bisa semakin banyak dikunjungi agar wilayahnya semakin ramai dikenal banyak orang. "Bersyukur Cikadondong River Tubing bisa masuk nominasi,” ungkap Egi.

BACA: Ayo ke Majalengka! Nikmati Puluhan Destinasi Wisata yang Super Keren

Objek wisata air ini adanya di pegunungan berada di sungai Cikadongdong, airnya jernih meski di musim penghujan karena airnya berasal dari sumber mata air pegunungan. Musim kemarau pun air mengalir deras sehingga pengunjung wisata bisa tetap melakukan river tubing.

2. Penataannya melibatkan para ahli, sehingga aman bagi wisatawan
Cikadongdong River Tubing, Wisata Asik di Majalengka

Arus Cikadongdong river tubing, jaraknya lumayan jauh mencapai 250 meteran dengan lintasan berliku dan banyak jeram. Meski banyak bebatuan bisa tetap aman karena pengelola sudah membuat jalur yang aman dengan menata bebatuan tersebut, selain itu di bagian-bagian tertentu ada tim yang berupaya menjaga agar peserta olah raga river tubung bisa tetap aman.

Pengunjung juga bisa aman karena pengelola sudah memberikan pelindung bagi peserta, seperti helm, pelindung tangan, lutut dan pelampung.

Mungkin wisata air di Cikadongdong ini akan lebih menarik dibanding wisata air lainnya, selain udara dingin, air yang jernih juga asri. Di sepanjang aliran sungai dipenuhi pepohonan yang sangat rimbun hampir menutupi seluruh area sungai. Malah di beberapa titik nyaris tak ada sinar matahari yang masuk ke area sungai.

Namun, suasana tetap terang karena dari lorong lain banyak cahaya. Sepanjang perjalanan menuju lokasi wisata juga dingin dan asri. Malah di saat musim durian pengunjung bisa sambil menikmati durian yang dikenal sangat legit.

3. Termasuk tempat wisata unggulan di Majalengka

 
Cikadongdong River Tubing, Wisata Asik di MajalengkaIDN Times/Andra Adyatama

Menurut keterangan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Majalengka Gatot Sulaeman, pihaknya mengajukan sejumlah objek wisata untuk dinilai oleh tim penilai API tahun 2019 ini.

Di antaranya objek wisata alam terasering Panyaweuyan di Kecamatan Argapra, Cikadongdong di Desa Payung, objek wisata alam Gunung Karang di Blok Pancurendang landeuh, Keluarahan Babakanjawa, Kecamatan Majalengka dan sejumlah objek wisata lainnya.

“Kemarin informasi yang diterima ternyata objek wisata river tubing yang masuk nominasi, kemungkinan itu kategorinya wisata air,” ungkap Gatot, Selasa (28/5).

Wisata air river tubing yang baru berdiri beberapa tahun terakhir ini kunjungan wisatanya semakin banyak. Pengunjungnya tidak hanya datang dari wilayah Majalengka namun kabupaten tetangga bahkan wilayah Jawa Barat dan luar Jawa Barat.

4. Fasilitas penunjang cukup lengkap

Cikadongdong River Tubing, Wisata Asik di MajalengkaIDN Times/Andra Adyatama

Objek wisatan ini sekarang sudah mulai ditata dengan baik, pemberdayaan terhadap masyarakat juga lumayan tinggi. Fasilitas penunjang seperti toilet, sarana parkir dan jalan menuju lokasi wisata sudah ditata pula sehingga pengunjung bisa lebih nyaman melakukan perjalanan wisata ke sana.

“Sekarang ini sudah banyak yang melakukan pertemuan di kawasan wisata tersebut, karena memang suasananya nyaman,  suhu udaranya sejuk karena berada di kawasan pegunungan. Hanya kuliner belum begitu banyak walaupun di sana cukup potensial.” ungkap Gatot.

5. Akses ke lokasi mudah dijangkau

Cikadongdong River Tubing, Wisata Asik di MajalengkaIntagram/Ansori

Cikadongdong River Tubing merupakan salah satu destinasi wisata yang terdapat di desa Payung Kecamatan Rajagauh, Kabupaten Majalengka. Wahana bermain air berada di aliran sungai Cikadongdong dengan hulu air dari Gunung Ciremai, yang pasti keasrian dan kejernihan airnya tidak diragukan lagi.

Tempat wisata ini terletak di Desa Payung, Kecamatan Rajagaluh, Majalengka. Untuk akses ke lokasi ini cukup mudah. Kamu bisa naik elf atau angkot menuju Terminal Rajagaluh, kemudian naik kendaraan pick up alias mobil gundul menuju ke Desa Payung. Setelah itu, kamu bisa jalan kaki sekitar 5 menit menuju start. Jika ingin lebih mudah, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi.

Objek wisata ini dikelola oleh penduduk sekitar. Mereka mempunyai dedikasi yang tinggi untuk menciptakan suatu wahana objek yang berkualitas. Kreativitas dan inovasi para pemuda ini ingin menjadikan tempat wisata ini lebih dikenal dari berbagai traveller.

River tubing atau sering disebut arum jeram ini merupakan permainan tim. Salah satu tim minimal 5 orang. Mengalir dengan rute 350 meter akan menjadi suatu ekspetasi yang mendongkak semangat persahabatan. Jalur sungai mulai yang landai hingga berkelok-kelok, akan memecahkan suasana alam terbuka.

Cikadongdong River Tubing ini sudah menyediakan alat keselamatan mulai dari pelampung, helm, sampai pelindung kaki serta tangan. Sebelum menyusuri sungai, para pengunjung akan mendapatkan penjelasan dari pemandu seputar langkah keamanan serta keselamatannya, juga akan ada pemanasan yang harus dilakukan sebelum berangkat menaklukkan sungai Cikadongdong.

sumber: IDNTimes

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom


TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Aneh Bin Ajaib, Pohon Pisang Tumbuh di Dahan Pohon di Area Pemakaman https://t.co/WmOzWUkNAy
Inilah Alasannya Kenapa Pria Menyukai Payudara Wanita https://t.co/V597E2kgNZ
Temuan Fosil Ungkap Fakta Bahwa Dinosaurus Berjalan Mirip Ayam https://t.co/6aWFgZ4Xj7
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter