Pesona 6 Tempat Wisata Pegunungan dan Laut di Subang

Tempat wisata di Subang bisa menjadi destinasi menarik saat berkunjung ke salah satu kabupaten di Tatar Pasundan ini. Subang merupakan wilayah kabupaten yang berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Kabupaten Indramayu di timur, Kabupaten Sumedang di tenggara, Kabupaten Bandung Barat di selatan, serta Kabupaten Purwakarta dan Kabupaten Karawang di barat.

Wilayah Kabupaten Subang terbagi menjadi 3 bagian wilayah. Bagian selatan wilayah Kabupaten Subang terdiri atas dataran tinggi/pegunungan, bagian tengah berupa dataran, sedangkan bagian Utara merupakan dataran rendah yang mengarah langsung ke Laut Jawa. Beragamnya wilayah yang dimiliki Subang menjadikan wilayah ini penuh potensi wisata dan menjadikan tempat wisata di Subang yang menarik perhatian.

Banyak tempat wisata di Subang yang menarik untuk dikunjungi. Mulai dari pegunungan hingga pantai, tempat wisata di Subang tak boleh terlewatkan. Tempat wisata di Subang juga cocok bagi Anda dan keluarga yang ingin berlibur ke tempat dengan suasana alam yang sejuk. Tempat wisata di Subang juga tak kalah indah dari wisata Jawa Barat lainnya. Berikut tempat wisata di Subang yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (28/6/2019).

 

Capolaga Adventure Camp

Capolaga Adventure Camp menyajikan k sungai Cimuja dan sungai Cikoneng yang meng hadirkan 3 air terjun unik. Ketiga air terjun itu adalah Air Terjun Karembong, Air Terjun Sawer, dan Air Terjun Goa Badak. Ketiga air tenjun inilah yang menjadi daya tarik Taman Wisata Alam Capolaga.

Tempat ini didukung oleh fasilitas wisata yang lengkap seperti out bound, adventure sport, tracking dan bird watching, perkemahan, dan spot foto.

Kawasan Wisata Alam Capolaga terletak di Kabupaten Subang, tepatnya di Kampung Panaruban, Desa Cicadas, Kec.Sagalaherang, KabupatenSubang, Jawa Barat. Anda hamya akan menempuh waktu 1 jam dari arah Bandung, 1 jam dari arah Purwakarta, 30 menit dari Kota Subang, 30 menit dari Lembang, 15 menit dari Sagalaherang.

Kawah Tangkuban Parahu

Gunung Tangkuban Parahu, merupakan salah satu gunung berapi aktif yang terletak di Provinsi Jawa Barat, secara administratif berada di dua wilayah kabupaten yaitu Kabupaten Subang dan Kabupaten Bandung Barat, dengan ketinggian sekitar 2.084 meter.

Gunung tangkuban parahu memiliki daya tarik wisata berupa kawah yang indah. Beberapa kawah yang terdapat di kawasan taman wisata alam gunung tangkuban parahu antara lain: Kawah Ratu, Kawah Upas, Kawah Domes, Kawah Baru, Kawah Lanang, Kawah Ecoma, Kawah Jurig, Kawah Siluman, Kawah Jarian dan Kawah Pangguyangan Badak.

Semua kawah yang terdapat di Gunung Tangkuban Parahu sampai saat ini dalam keadaan aktif tetapi layak untuk dikunjungi oleh wisatawan yang bertujuan untuk menikmati pemandangan alam, penelitian dan lain-lain.

Wisata air panas Ciater

Obyek wisata ini merupakan salah satu tempat wisata di Subang terpopuler, para wisatawan dapat menikmati sumber mata air panas yang berasal dari kawah aktif gunung Tangkuban Perahu yang terletak tidak jauh dari obyek wisata Ciater.

Sumber mata air panas tersebut disajikan dalam bentuk kolam dan kamar rendam dengan desain yang unik, yang tersebar di beberapa lokasi obyek wisata sari ater.

Obyek wisata air panas Ciater, terletak pada kawasan pegunungan Subang, di kaki gunung Tangkuban Parahu, tepatnya di Desa Ciater, Kecamatan Ciater Kabupaten Subang. 

 

Penangkaran Buaya Blanakan

Penangkaran buaya Blanakan terletak di Kecamatan Blanakan Kabupaten Subang. Lokasi ini merupakan penangkaran buaya jenis muara yang berjumlah kurang lebih 200 ekor terdiri dari buaya jantan dan betina lengkap dengan habitatnya. Pengunjung juga bisa menyaksikan suguhan aktrasi buaya muara dari atas balkon.

Objek wisata dengan lahan seluas 1,5 ha, dari luas total 8 ha wilayah hutan Tegal tangkil dikelola oleh PT. Perhutani. Selain disuguhi aktrasi buaya-buaya muara para wisatawan juga dapat menikmati sajian kuliner makanan laut khas blanakan seperti ikan bakar etong, cumi dan kepiting. Pengunjung juga bisa menyusuri pesisir laut Blanakan sampai dengan Patimban dengan menggunakan jasa penyewaan kapal boat yang telah disediakan.

 

Curug Cibareubeuy

Curug Cibareubeuy secar administratif pemerintahan termasuk Desa Cibeusi Kecamatan Ciater Kabupaten Subang Provinsi Jawa Barat. Wana wisata ini memiliki kekayaan sumber daya hayati berupa flora dan fauna serta keindahan panorama alamnya yaitu hutan sekunder yang didominasi oleh tegakan pinus.

Sesuai dengan namanya, daya tarik utama tempat wisata di Subang curug Cibareubeuy ini adalah sebuah air terjun dengan ketinggian 40 m. Daya tarik lainnya yang terdapat di sekitar Curug Cibareubeuy meliputi Situs purbakala, areal Bumi Perkembangan dan hutan pinus. Disekitar lokasi wisata juga banyak ditemui pengrajin gula aren yang hasilnya dapat dinikmati langsung di tempat.

 Wisata Pantai di Subang

Pantai Pondok Bali

Pantai Pondok Bali memiliki keindahan dan panorama yang tak kalah dengan pantai-pantai lainnya di Jawa Barat. Yang menjadi ciri khas Pantai Pondok Bali ialah hamparan pasir putih yang membentang di sepanjang bibir pantai.

Pantai Pondok Bali di Subang merupakan tempat wisata di Subang yang terletak di Desa Mayangan Kecamatan Legonkulon Kabupaten Subang. Di sini wisatawan bisa bersantai atau berenang, memancing di laut serta dapat menikmati keindahan pesona alam pada saat matahari terbenam.

Pantai Tanjung Cirewang

Pantai Tanjung Cirewang oleh masyarakat sekitar biasa disebut juga dengan nama Teluk Sidaon. Pantai Tanjung Cirewang sebenarnya merupakan tanah timbul yang mulai terbentuk sekitar 13 tahun yang lalu. Tanah berpasir seluas hampir sekitar 500 m2 ini memanjang lebih dari 1 km dari timur ke barat.

Tanah timbul ini seakan menjadi penghalang alami kampung Cirewang dari hempasan langsung ombak laut utara. Untuk menuju pantai Cirewang pengunjung harus menaiki perahu nelayan melewati sungai sekitar 1 km di tengah hutan mangrove. [liputan6]

 

foto atas: jejakpiknik.com

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
Twitter: TINTAHIJAUcom
YouTube: TINTAHIJAU Channel


Banner Kanan 1
Banner Kanan 2

Twitter Update

Akhiri KNM di Desa Sukasari, Mahasiswa Universitas Majalengka Gelar Seminar Digitalpreneur https://t.co/8NPcuCDVmB
Diduga Korupsi Dana Desa, Kejari Indramayu Tahan Kepala Desa https://t.co/kHczaqBY1R
Bupati Subang Jalin Kerjasama dengan ITB di Bidang Pendidikan cc @PemkabSubang @itbofficial https://t.co/N1BzabhBTF
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page