Tsunami Banten, Pengaruhi Wisatawan Datang ke Pantai Carita

PANDEGLANG, TINTAHIJAU.com - Tsunami yang melanda sejumlah daerah di Banten berdampak pada jumlah kunjungan sejumlah destinasi wisata di daerah tersebut. Salah satunya Pantai Carita di Pandeglang, Banten.

Jumlah kunjungan ke wisata Pantai Carita yang biasanya membludak setiap libur lebaran, pada tahun ini mengalami penurunan jumlah wisatawan. Padahal, Pantai Carita termasuk obyek wisata yang lolos dari tragedi Tsunami yang terjadi apda beberapa bulan silam.

"Biasanya penuh, ini mah itungannya tidak ramai, ini kebanyakan orang lokal, dari Pandeglang. Biasanya kan parkir penuh bus, sekarang cuma mobil pribadi. Sebelum tsunami bisa berlipat-lipat dari ini. Mungkin mereka masih trauma dengan tsunami, padahal Pantai Carita ini tidak kena Tusnami," kata salah seorang Penyedia jasa sewa ban renang, Usman kepada TINTAHIJAU.com, Kamis (6/6/2019)

Sejak Hari H lebaran sampai H+1 lebaran, kata Usman, jumlah wisatawan yang datang ke Pantai Carita relatif menurun dibanding kunjungan pada periode yang sama. "Mudah-mudahan mereka tahu ya, kalau Pantai Carita ini tidak terkena tsunami. Jadi tidak perlu takut datang ke sini," imbuhnya

Usman yang beraktvitas sebagai peneydia sewa ban renang sejak 2015 lalu mengatakan, dampak daru menurunya wisatawan yang datang, berdampak pada usaha yang ada di Pantai Carita, dari mulai pedagang, peneydia fasilitas kamar mandi, peneydia sewa ban dan perahu dan lainnya.

Pedagang kaos di Pantai Carita, Ningsih mengeluhkan hal yang sama. Menurut Ningsih, pada dua hari terakhir selepas lebaran ini, jumlah penjualan kaos relatif menurun di banding libur lebaran sebelumnya. "Menurun kalau dibandingkan tahun sebelumnya, mungkin dampak tsunami ya. Sekarang jual 50 kaos saja sudah bagus banget. Mudah-mudahan, masih ada harapan," katanya

Dari pantauan, pada hari + 1 lebaran, lalu lintas di jalur Anyer-Pandeglang dipadati kendaraan wisatawan, baik kendaraan pribadi maupun kendaraan umum seperti Bus. Namun pada H+2 lebaran tahun ini, arus lalu lintas di jalur tersebut cenderung lengang bahkan masih minim bus yang melintas di jalur tersebut.

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
Twitter: TINTAHIJAUcom
YouTube: TINTAHIJAU Channel


TINTAHIJAU CHANNEL
Banner Kanan 2
Banner Kanan 1

Twitter Update

Ortu Terduga Teroris Kaget Anaknya Ditangkap Densus 88 https://t.co/RRBm5JAEI3
Universitas Kartamulya Resmi Berdiri di Purwakarta https://t.co/OCOZS8trRe
Dramatis! Ini Detik-detik Densus 88 Menangkap Terduga Teroris di Majalengka https://t.co/lFUlkpjXOv
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page