Wisata Gunung Kunci Sumedang Diserbu Wisatawan

SUMEDANG, TINTAHIJAU.com - Wisata Situs Gunung Kunci di Dusun Penjunan, Kelurahan Kotakulon, Kecamatan Sumedang Selatan, menjadi salah satu obyek wisata di Sumedang yang menjadi incaran wisatawan.

Dalam sehari ratusan wisatawan, baik dari Sumedang maupun dari Jabar dan daerah lainnya datang untuk mengisi masa liburan di sana.

Gunung Kunci atau dikenal juga dengan sebutan Gunung Panjunan, merupakan salah satu objek wisata yang ada di kota Sumedang. Lokasi situs ini terletak di atas kawasan Taman Hutan Raya Gunung Kunci dan Gunung Palasari yang merupakan kawasan hutan Negara. Gunung ini berfungsi sebagai kawasan hutan konservasi dengan luas 3,67 Ha berupa hutan pinus dengan ketinggian 500 mdpi.

Yang menjadi daya tarik Gunung Kunci adalah adanya benteng peninggalan penjajah Belanda. Benteng ini dibangun oleh Belanda sekitar tahun 1914-1917 dengan luasan sekitar 2.600 m2. Jenis bentengnya adalah benteng pertahanan yang terdiri atas tiga lantai.

Gunung Kunci dulunya berfungsi sebagai benteng pertahanan. Di dalam gunung yang dibuat sekira tahun 1914–1917 terdapat sejumlah gua yang saling menyambung, bunker, dan juga benteng yang dilengkapi dengan kubah meriam dan senapan mesin. Namun, saat ini meriam dan senapan tersebut tidak lagi dipasang di gunung tersebut.

Menurut petugas loket bidang kehutanan gunung konci Iman mengatakan, sejak libur sekolah Gunung Konci dibanjiri banyak orang. Dibanding hari biasanya, pada saat libur sekolah ini, jumlah kunjungan ke Gunung Konci mengalami peningkatan. Untuk masuk gunung konci wisatawan cukup merogoh Rp3.000 untuk dewasa dan Rp2000 untuk anak-anak . "Ada peningkatan yang datang ke sini dibanding hari biasanya," kata Iman kepada TINTAHIJAU.com.

Tisna salah seorang wisatawan yang datang ke Gunung Konci mengatakan datang ke Gunung Konci untuk berwisata bersama keluarganya. Tisna mengaku penasaran dengan keberadaan Gunung Konci yang banyak didatani wisatawan. "Kita bareng keluarga, karena penasaran aja. yah itung itung ngasuh," kata Tisna.

Hal yang sama juga dikatakan Irma dari Bekasi. Dia sudah lama mendengar Gunung Konci namun baru kali ini menyempatkan datang ke obyek Wisata di Sumedang itu. "Mengatakan saya sudah sejak lama dengan tentang cerita gunung konci dan kebetulan kami memiliki saudara yang tinggal disemedang, kami sengaja
meminta untuk di antar bermain sekedar santai dan liburan anak anak sekolah ke sini," kata Irma. [deni]


FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
Twitter: TINTAHIAJUcom


Banner Kanan 2
Banner Kanan 1

Twitter Update

Horeeee, Semua Ruas Tol di Indonesia Diskon 15 Persen Selama Lebaran https://t.co/7euchYK5yy
Bahagia Menyambut Iedul Fitri Bersama Anak Yatim di As-Syifa Subang https://t.co/xnFmeE3Rwj
PT. Pertamina Akan Siapkan Empat Kios BBM Kemasan di Rest Area Cipali dan Palikanci https://t.co/t5JdTYH5ek
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page