Benahi 8 Desa Wisata, Subang Butuh Dana Rp40 Miliar

Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Subang fokus pada penguatan dan pembenahan dana wisata. Setidaknya da delapan Desa Wisata yang bakal menjadi destinasi andalana Subang.

Keberadaan delapan wisata itu, keseluruhannya ada di daerah Selatan Subang. Kecamatan Ciater, memiliki potensi Desa Wisata terbanyak. Di Ciater ini Desa Wisata terdapat di Cibeusi, Cisaat dan Desa Sanca.

Sementara di Kecamatan Tanjungsiang ada di Desa Buniara dan Desa Cibuluh. Di KKecataman Cijambe ada Desa Cirangkong dan Desa Bunihayu, sementara di Kecamatan Kasomalang ada di Desa Pasanggarahan.

BERITA TERKAIT:

Pemkab Subang Usulkan 2 Lokasi Untuk Gedung Creative Centre
Gedung Subang Creative Centre Akan Berdiri di 2019

Kepala Bidang Destinasi Wisata Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Subang Eusi Hartini menyebutkan untuk menjadikan Desa sebagai Desa Wisata tidak mudah, ada prasyarat yang harus dipenuhi atau dimiliki oleh desa. Euis menjelaskan salah satu syarat yang harus ada di Desa Wisata adalah akses jalan memadai, dukungan dari masyarakat setempat, home stay, dan memiliki daya tarik yang atraktif.

"Secara jujur harus kita akui, dari syarat itu, masalah jalan, memang ini menjadi kendala. Tapi untuk yang lain, insya Allah, kita sangat layak dan menjadi salah satu tujuan wisata dari luar," kata Euis kepada TINTAHIJAU.com

Untuk melakkan penataan dan pembenahan Desa Wisata, kata Euis idealnya untuk satu Desa Wisata, membutuhkan anggaran Rp5 miliar. Artinya untuk delapan Desa Wisata dana yang dibutuhkan sekitar Rp40 miliar.

"Sekarang dari Desa Wisata yang ada, satu diantaranya ada suntikan dana, dan itu dibawah Rp100 juta. Dengan anggaran yang ada, tentu saja akan kita optimalkan sesuai peruntukannya," kata Euis

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Ugit Sugiana mengatakan dari Potensi Desa Wisata, pihaknya akan memilah Desa Wisata yang bakal jadi prioritas. Selain masalah anggaran, dengan prirotas ini penataan dan pembenahanDesa Wisata akan lebih optimal.

"Tentu saja, saya kira, harus ada yang jadi prioritas, tidak bisa semuanya ditangani langsung. Anggarannya cukp besar dan kalau semuanya nanti malah tidak maksimal. Kita pilih mana dulu yang jadi prioritas," kata Ugit






Banner Kanan 3
Banner Kanan 2
Banner Kanan 1

Twitter Update

Peringati Hari Puisi, Budayawan Majalengka Gelar Macasukma https://t.co/CIyFGeOnY2
DPD PKS Subang: Kami Wakafkan Agus Masykur untuk Benahi Subang https://t.co/HyqZ6fcPTv
Ada yang Beda, Ini Penampakan Taman di Sisi Jalan Alun-alun Subang https://t.co/rRWfnWNV91
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page