Disparpora Subang Siapkan Duta Wisata Sambut Jutaan Wisatawan Luar

Keberadaan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) yang pada bulan mendatang segera beroperasi, tidak saja berdampak pada Majalengka, tapi daerah tetangganya. Subang, salah satu daerah yang bersebelahan dengan Majalengka. Waktu tempuh antara Majalengka ke Subang hanya membutuhkan waktu sekitar 2 jam lewat Tol Cipali. Potensi itu, direspon positifi Pemkab Subang, terlebih di bidang Pariwisata.

Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Subang melalui Bidang Destinasi dan Produk Wisata menyiapkan puluhan Duta Wisata. Dengan menggandneg Paguyuban Mojang Jajaka setempat, Disparpora menggelar Pengembangan SDM di Bidang Pariwisata Subang. Kegiatan ini digelar selama 2 hari kemarin dengan melibatkan Mojang Jajaka Dewasa.

"Ini sebagai salah satu komitmen kami untuk menyiapkan SDM menyambut kedatangan ribuan wisatawan yang masuk ke Subang dampak dari kemajuan pembangunan, termasuk hadirnya BIJB di Majalenga," Kata Kasi Pengambangan SDM Bidang Destinasi dan Produk Pariwisata Disparpora Subang, Ida Erlinda.

Selama pelatihan, puluhan Mojang Jajaka ini dibekali sejumlah pengetahuan dari mulai etika & keprotokolan, Enterpreneur, Pengenalan Promosi Wisata melalui media, Pengetahuan Pariwisata Global. "Output dari kegiatan ini, mereka akan disiapkan sebagai Duta Wisata. Tidak sampai di sini, mereka akan terus kita gemblang dan bina," kata Kabid Destinasi dan Produk Wisata Disparpora Euis Hartini 

Penguatan SDM, jelas Euis menjadi prasyarat Duta Wisata Subang untuk memahami dunia wisata dan mengkomunikasikan ke wisatawan yang datang ke Subang. Tidak hanya pengembangan SDM, kemampuan skill Duta Wisata menjadi fokus Disparpora. "Ada tiga point tugas Duta Wisata ini, diantaranya pertama mempromosikan wisata, mereka harus siap ketika harus menunjukan kemampuannya, baik di tingkat Jabar maupun Nasional, termasuk internasional," paparnya

Lebih jauh Euis memaparkan, banyak potensi wisata yang bisa dinikmati pelancong dari luar Kota. Selain wisata alam, seperti curug dan air panas, Subang memiliki wisata sejarah dan air di daerah utara. "Termasuk kita juga punya Desa Wisata, ada sekitar 4 Desa Wisata yang sangat refresentatif untuk dikunjungi," jelasnya

Kepala Disparpora Ahmad Sobari menyebutkan, dengan hadirnya BIJB, destinasi wisata menjadi daya tarik bagi jutaan traveler yang masuk ke Indonesia melalui BIJB. Ini, kata Ahmad, adalah peluang, yang harus ditangkap. Penjajakan dengan BIJB, dilakukan Disparpora bersama Pemerintah Provinsi. Salah satunya dengan mengambil peluang kemungkinan promosi wisata di BIJB melalui view.

Selain BIJB, dalam wakt dekat ini, Subang menjadi tuan rumah untuk dua cabang olaharaga Asean Games. Ratusan atlit dari berbagai negara dipastikan akan datang ke Kabupaten dengan julukan Kota Sisingaan tersebut.

Dapatkan kilasan berita lainnya via:
Twitter: @TINTAHIJAUcom
FB: REDAKSI TINTAHIJAU




Banner Kanan 6
Banner Kanan 1
Banner Kanan 2
Banner Kanan 3
Banner Kanan 4
Banner Kanan 5

Twitter Update

Pemuda Majalengka Terlibat dalam Penggarapan Film Wiro Sableng 212 https://t.co/cBfpAbBuf8
Bermula dari Hobby, Rusmana Sukses Bisnis Burung Puyuh https://t.co/RAMHkDa6M1
Isi Ramadan, Polisi Ini Tadarus Bersama Hingga Ajari Warga Mengaji @resmajalengka https://t.co/8SQ3IPbSGP
Follow TINTAHIJAU.COM on Twitter

Facebook Page