Dongkrak Desa Wisata, Masyarakat Pariwisata Subang Berkunjung ke Desa Cibuntu Kuningan

Masyarakat Pariwisata Subang melakukan kunjungan ke Desa Cibuntu, Kecamatan Madirancang, Kabupaten Kuningan. Kunjungan ini dipelopori Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Subang.

Sekitar 30 orang dari perwakilan pengelola wisata, hotel, Badan Promosi Pariwisata, Kompepar dan media serta Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Subang berkunjung ke Desa Wisata Cibuntu, Kuningan.

Sebelum melakukan kunjungan, sebelumnya mereka dibekali teori seputar pemberdayaan promosi wisata Subang di Betha Hotel, Subang selama dua hari. "Kita kan sudah dua hari workshop di dalam, sekarang kita di lapangan melihat langsung Desa Wisata Cibuntu sebagai perbandingan yang nantinya bisa kita ambil pelajaran," kata Kepala Bidang Promosi Wisata Dinas Pariwisata, pemuda dan Olahraga Subang Ina

Kepala Bidang Destinasi Wisata Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Subang Eusi Hartini menyebutkan saat ini Kabupaten Subang memiliki lima Desa Wisata, yakni Desa Wisata yaitu Cibuluh, Cibeusi, Cirangkong, Cisaat, Bunihanyu dan 1 Desa Budaya yaitu Desa Wangunharja.

Untuk menjadikan Desa sebagai Desa Wisata tidak mudah, ada prasyarat yang harus dipenuhi atau dimiliki oleh desa. Euis menjelaskan salah satu syarat yang harus ada di Desa Wisata adalah akses jalan memadai, dukungan dari masyarakat setempat, home stay, dan memiliki daya tarik yang atraktif.

"Secara jujur harus kita akui, dari syarat itu, masalah jalan, memang ini menjadi kendala. Tapi untuk yang lain, insya Allah, kita sangat layak dan menjadi salah satu tujuan wisata dari luar," kata Euis

Baik Ina maupun Euis menegaskan, sejauh ini jumlah kunjungan ke Desa Wisata sudah menggeliat dan menuju peningkatan. Namun demikian, upaya pembenahan dan penyempurnaan terus dilakukan. "Kalau bicara destinasi wisata, insya Allah lah, kita itu punya wisata alam yang top banget. Wisata buatannya juga oke, termasuk budayanya," tegas Ina.
 
Ketua Kompepar Subang Alam Rantjatan menegaskan, destinasi wisata di Kabupaten Subang dipastikan tidak kalah dengan daerah lain. Bahkan Alam menegaskan potensi wisata di Kabupaten Subang bisa lebih bagus ketimbang did aerah lain.

"Kita itu kan tahunya hanya air panas Sari Ater, padahal selain itu masih banyak tempat wisata yang patut dikunjungi. Kita punya Curug yang indah, Negeri di Atas Angin, camping park dengan nuansa kebun dan banyak lagi yang lainnya. Mungkin ini ini soal promosi. Tapi insya Allah dan mudah-mudahan setelah workshop kemarihn itu menjadi bekal kita untuk menguatkan lagi," paparnya


Dapatkan kilasan berita lainnya via:
Twitter: @TINTAHIJAUcom
FB: REDAKSI TINTAHIJAU


Banner Kanan 1

Twitter Update

Warga Desa Singawada Doakan Karna Sobahi Jadi Bupati Majalengka https://t.co/yGR5oEbGuA
Hindari Penyimpangan ADD, Puluhan Kades Gelar Bimtek di Purwadadi Subang https://t.co/8cXRIVJNan
Ada BIJB, Maman: Majalengka Harus Berdaya, Rakyatnya Sejahtera Cc @kang_maman72 @infobijb https://t.co/DUgucfVL0p
Follow TINTAHIJAU.COM on Twitter

Facebook Page