8 Tempat Wisata di Kulon Progo yang Paling Menawan

Apakah Anda punya rencana liburan pada akhir pekan ini? Cobalah mengunjungi Kulon Progo; salah satu destinasi wisata terbaik di Pulau Jawa. Selain terkenal dengan batik sekarnitinya, kabupaten tersebut juga memiliki beragam objek rekreasi. Mulai dari pegunungan hingga pantai yang menawan.

Tertarik untuk mengunjungi Kulon Progo? Anda bisa naik kereta api jurusan Stasiun Wates yang terletak pada ketinggian 18 meter di atas permukaan laut. Supaya mendapatkan tiket kereta api dengan cepat, lakukan pemesanan secara online.

Nah, sebagai referensi, berikut ini ada delapan tempat wisata di Kulon Progo yang bisa dikunjungi. Konon, kawasan tersebut memiliki panorama menakjubkan. Penasaran? Yuk, simak ulasannya!


1. Waduk Mini Kleco

Pemburu foto tempat instagramable ajib mengunjungi Waduk Mini Kleco. Pasalnya, kawasan wisata di Desa Giripurwo ini menyuguhkan lukisan alam yang memukau. Tidak hanya memperlihatkan panorama waduk bervolume 8.500 meter kubik, tetapi juga suasana Kulon Progo nan eksotis.

Lokasi Waduk Mini Kleco mudah ditemukan. Anda bisa naik kereta sampai Stasiun Wates, lalu meneruskan perjalanan dengan kendaraan umum. Jarak stasiun dan objek wisata hanya 13 km sehingga dapat ditempuh selama 30 menit. Jika memungkinkan, sebaiknya menyewa mobil. Tujuannya agar bisa dibawa sampai ke dekat waduk.

2. Wisata Kalibiru

Kalibiru kerap dijuluki surga kecil di Kulon Progo. Pasalnya, kawasan ini memiliki panorama yang sangat indah. Salah satu daya tarik utama di sana adalah spot foto berlatar belakang lanskap Perbukitan Menoreh dan danau. Terlebih saat senja, Anda bisa menyaksikan pemandangan paling menakjubkan.

Salah satu cara menuju Kalibiru adalah dengan naik kereta api. Anda bisa pesan tiket kereta api melalui link https://www.traveloka.com/kereta-api agar tidak kehabisan. Jangan lupa, pilih Stasiun Wates sebagai tujuan terakhir. Dari tempat ini, lanjutkan perjalanan menggunakan ojek, kendaraan umum, atau menyewa mobil. Untuk mencapai lokasi Kalibiru, hanya membutuhkan waktu 26 menit

3. Kedung Pedut

Kedung Pedut merupakan objek wisata air terjun di Desa Girimulyo, Kulon Progo. Salah satu keunikan curug ini, yaitu memiliki dua warna. Air di bagian atas berwarna hijau tosca, sedangkan yang mengalir bercorak putih jernih. Tempat tersebut dikelilingi tebing bebatuan dan aneka tumbuhan. Supaya bisa memasuki kawasan curug, Anda harus membayar tiket senilai Rp3.000 per orang.

Akses menuju Kedung Pedut tergolong mudah. Jika Anda datang dari luar kota, bisa menumpang kereta api ke Stasiun Wates. Rute dari Stasiun Wates ke Desa Girimulyo melewati Jalan Sermo atau Pengasih. Lama perjalanan hingga ke lokasi kurang lebih 42 menit dengan berkendara

4. Grojogan Sewu


Grojogan Sewu adalah wisata air terjun paling populer di Kulon Progo. Suasana di sana masih natural, berhawa sejuk, serta memiliki panorama indah. Lokasinya berada di Desa Girimulyo sehingga bisa dicapai dengan beragam kendaraan. Namun, Anda harus berhati-hati karena jalannya terjal dan berbatu.

5. Hutan Mangrove Wana Tirta


Hutan Mangrove Wana Tirta cocok untuk wisata romantis bersama pasangan. Kawasan tersebut menyuguhkan lanskap mengagumkan saat senja. Anda bisa menikmati pemandangannya di atas jembatan papan kayu berbentuk hati. Soal akses ke sana, tak perlu khawatir karena banyak kendaraan umum melintas. Jika ditempuh dari Stasiun Wates, membutuhkan waktu kurang lebih 26 menit.

6. Pantai Glagah


Pantai Glagah adalah salah satu objek wisata instagramable di Kulon Progo. Anda dapat memandang lautan tanpa penghalang dari tempat ini. Pun bisa menikmati deburan ombak di atas dermaga Pantai Glagah. Selain itu, terdapat laguna, perkebunan buah naga, serta bumi perkemahan. Untuk menjajal semua fasilitas tersebut, pengunjung harus membayar tiket Rp4.000 per orang. Murah, kan?

7. Kebun Teh Nglinggo

Kebun Teh Nglinggo berada di Kecamatan Samigaluh, Kulon Progo. Kawasan ini membentang seluas 200 hektare. Tidak hanya menyuguhkan pemandangan tanaman teh, tetapi juga suasana alami pegunungan. Pengunjung pun bisa menikmati fasilitas pendakian ke Gunung Kukusan melalui jalan setapak dari perkebunan.

8. Suaka Margasatwa Sermo

Wisata di Kulon Progo tidak melulu pantai dan pegunungan. Suaka margasatwa pun ada, salah satunya di kawasan Sermo. Luasan tempat ini sekitar 181 hektare. Ratusan spesies menghuni Suaka Margasatwa Sermo, antara lain aneka burung, reptilia, dan primata.

Itulah delapan tempat wisata di Kulon Progo yang paling menawan. Lokasi Kulon Progo tergolong mudah dijangkau, termasuk dengan alat transportasi berbasis rel. Untuk memudahkan pemesanan tiketnya, Anda bisa membeli secara online, misalnya lewat Traveloka. Jadi, perjalanan lebih nyaman dan menyenangkan. Selamat berlibur!


Dapatkan lintasan berita Subang via:
Follow Twitter: @tintahijaucom
Like Faceboook: Redaksi Tintahijau


Banner Kanan 1

Twitter Update

Novi Sri Mahendra, Guru Cantik dari Patokbeusi Subang https://t.co/DHusTaJ4Xq
GreenThink, Wahana Wisata Edukasi di Pantura Subang https://t.co/YRMlZxidHg
Tempat Uji Kompetensi Fakultas Pertanian UNMA Direspon Penyuluh PNS Pertanian Cirebon https://t.co/FLRskdq6bx
Follow TINTAHIJAU.COM on Twitter

Facebook Page