GreenThink, Wahana Wisata Edukasi di Pantura Subang

Keberadaan GreenThink yang dilaunching pada 26 Oktober 2017 lalu menjadi daya tarik bagi masyarakat setempat. GreenThink, yang berada di Desa Cilamaya Girang, Subang itu kini menjadi wahana Wisata Edukasi khususnya bagi masyarakat Subang.

Hutan Kapal Kehati Greenthink merupakan area milik Perhutani seluas 2,5 hektare yang ditransformasikan menjadi areal konservasi lingkungan dan pemberdayaan ekonomi oleh masyarakat. Sejak 2011 lalu, lahan ini merupakan lahan mati. Oleh PT Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONJW), lahan ini kemudian disulap menjadi areal konservasi ;ingkungan.

"PHE ONWJ bersama masyarakat ingin menjadikan lokasi tersebut sebagai pusat pendidikan lingkungan hidup untuk pelajar dan masyarakat serta upaya mitigasi adaptasi terhadap perubahan iklim," ujar Generam Maneger PHE ONWJ Siswantoro M. Prasodjo pada saat launching GreenThink Kamis (26/10/2017).

Hutan tersebut mengadopsi konsep intregated farming system atau sistem pertanian terpadu untuk menghidupkan perekonomian masyarakat desa. Beberapa kegiatan usaha meliputi budidaya tanaman prpduktif, tanaman obat dan budidaya jamur merang. "Dengan adanya sistem terpadu ini maka pensiunan nelayan yang sudah tidak mampu melaut akan kembali memiliki penghasilan," kata Ketua Kelompok Tani Greenthink Arruji Kartawinata.

Banyak hal yang bisa dinikmati di wisata Hutan Pendidikan ini. Dari aneka permainan anak-anak, sampai ekowisata dan budi daya ikan dan menjadi laboratorium lingkungan dan tempat perkemahan. Ke depan, pihak pengelola akan melakukan pelatihan kewirausahaan, melakukan studi valuasi ekonomi, pengembangan sarana dan prasarana.

Pada akhir pekan, GreenThink ini dipadati ratusan orang untuk jogging bersama keluarga. "Tempatnya adem, sejuk dan lengkap. Kalau Sabtu dan Minggu, banyak warga yang datang ke sini untuk jogging. Karena memang baru tempat yang seperti ini," kata Wasti warga setempat.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Suwarna mengapreisasi kontribusi Pertamina terutama di bidang pendidikan. Keberadaan GreenThink ini, kata Suwarna menjadi tempat alternatif pendidikan anak. "Belajar itu tidak hanya di ruang kelas, Justru yang lebih bagus di luar sambil mengenal langsung lingkungannya. GreenThink ini sangat bagus, tinggal kita manfaatkan sebaik-baiknya," katanya
 

Dapatkan lintasan berita Subang via:
Follow Twitter: @tintahijaucom
Like Faceboook: Redaksi Tintahijau


Banner Kanan 1

Twitter Update

Novi Sri Mahendra, Guru Cantik dari Patokbeusi Subang https://t.co/DHusTaJ4Xq
GreenThink, Wahana Wisata Edukasi di Pantura Subang https://t.co/YRMlZxidHg
Tempat Uji Kompetensi Fakultas Pertanian UNMA Direspon Penyuluh PNS Pertanian Cirebon https://t.co/FLRskdq6bx
Follow TINTAHIJAU.COM on Twitter

Facebook Page