Kampung Bolang, Etalase Permainan Tradisional Anak di Indonesia

Kabupaten Subang tengah merintis laboratorium permainan anak tradisional. Lokasinya akan dipusatkan di Kampung Bolang, Desa Cibuluh, Kecamatan Tanjungsiang, Kabupaten Subang, diharapkan kehadirannya nanti bisa terus berkembang menjadi laboratorium tingkat Jawa Barat, dan Nasional.

Hal itu terungkap dalam diskusi budaya "Ngarawat Budaya Keur Kamajuan Subang nu Urang" dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional tahun 2017 yang digelar FDWS di Desa Cibuluh, Kecamatan Tanjungsiang, Kabupaten Subang, beberapa waktu lalu. Dalam diskusi Muhamad Zaini Alif pakar permainan anak tradisional yang lebih dikenal sebagai "Bapak Permainan Anak Nasional" mengungkapkan keinginan dan tekadnya supaya tempat kelahirannya, yaitu Kampung Bolang Desa Cibuluh bisa menjadi laboratorium permainan tradisional di Jawa Barat, sekaligus mendukung pengembangan desa wisata Cibuluh.

Zaini mengatakan sejak tahun 2009 lalu sudah enam kali menggelar olimpiade permainan tradisional di Bandung. Rencananya, tahun 2017 olimpiade yang biasanya berlangsung setiap Agustus itu akan dilaksanakan di Kabupaten Subang, sekaligus ingin menunjukkan pusat kajian permainan tradisional ada di Subang. "Upaya mewujudkan Subang, khususnya Kampung Bolang menjadi laboratorium permainan anak tradisional kini masuk tahap rintisan," ujarnya.

Dia mengaku gembira sudah ada dukungan dari berbagai pihak, termasuk Pemkab Subang. Selain itu, berharap rencana Himpaudi Subang menjadikan permainan anak tradisional sebagai bagian pembelajaran di PAUD bisa segera terealisasi. "Kalau sudah diterapkan di PAUD, Subang bisa menjadi percontohan, pertama di Indonesia. Itu bisa membantu tahapan mewujudkan labaratorium permainan, sehingga bisa ditindaklanjut kebijakan pemerintah," ujarnya.

Diakui Zaini, mewujudkan Subang sebagai laboratorium permainan anak di Subang tak mudah, perlu proses dan. tak bisa sekaligus. Sebab nantinya akan ada uji kelayakan dulu, termasuk pernyaratannya harus terpenuhi. "Apabila hasil uji bagus dan persyaratan bisa terpenuhi baru bisa ditetapkan. Intinya harus ada bukti dulu dilapangan," katanya.

Namun, Zaini, Optimis Subang menjadi laboratorium permainan anak bisa terwujud bila semua pihak mempunyai komitmen kuat. Malahan bila berjalan mulus, 2-3 tahun bisa terwujud. "Saat ini dukungan sudah ada, mulai daerah Kabupaten/provinsi hingga pusat. Ini awal yang bagus, tinggal penguatan di bawahnya. Kalau sekarang masih susah karena di bawah belum siap, jadi butuh waktu dan proses," katanya.

Dijelaskannya, upaya yang sudah berjalan, di antaranya sosialisasi ke sekolah-sekolah. Kemudian sudah banyak guru yang datang mengikuti penganalan dan praktik permainan anak di Subang. Misalnya, ratusan guru PAUD Subag, dan ribuan guru dari berbagai daerah di Indonesia juga sudah mendapat pelatihan.

Plt Bupati Subang, Imas Aryumningsih mengungkapkan pemerintah tentunya mendukung rintisan menjadikan Subang sebagai laboratorium permainan anak. Selain nantinya menjadi kebanggaan Kabupaten Subang, sekaligus juga bisa mendorong perkembangan pariwisata di Subang. "Permainan anak tradisional harus digalakkan lagi. Sebab anak tak hanya bermain, tetapi banyak makna, pelajaran serta manfaat bagi perkembanng anak usia dini. Misalnya mengajarkan gotong royong, itu ada dipermainan anak," katanya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Subang, Suwarna Murdias menyatakan kesiapan mendukung rintisan laboratorium permainan anak. Salah satu upayanya, dalam waktu dekat segera menggairahkan lagi seni budaya di sekolah-sekolah termasuk permainan anak tradisional. Tujuan supaya permainan anak tradisional yang terbilang jarang dimainkan bisa lebih dikenal anak-anak. "Terlebih dulu kami akan mengenalkan sekaligus melatih serta memberikan pemahaman kepada para pengawas sekolah di Kampung Bolang, ahlinya ada disini Doktor Zaini, jadi mereka akan dibawa ke saung budaya di godok disini," katanya
 

-----

Dapatkan lintasan berita Subang via:
Follow Twitter: @tintahijaucom
Like Faceboook: Redaksi Tintahijau
Chanel BBM: Berita Subang

Untuk Iklan dan kerjasama hubungi:
WA: 081.805.117700 BBM: 2381524D


Facebook Page

Twitter Update

Warga Subang Jadi Korban Penipuan Komplotan yang Mengaku dari Mabes Polri https://t.co/hpL8KsGFr9
Hari ini KPK Jadwalkan Periksa Setya Novanto https://t.co/jfQ8KamYTn
Sebut Majalengka Darurat Teroris, Kiyai Maman Dinilai Lebay https://t.co/KA47QlYIlh
Follow TINTAHIJAU.COM on Twitter