FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Lezatnya Delipel Cake dari Nanas Subang

Kabupaten Subang dikenal dengan potensi komoditi buahnya, salah satunya Nanas. Selain dinikmati secara langsung, nanas, kini bisa dinikmati dalam kemasan berbeda, kue Bolu salah satunya.

Adalah Kinanti Bakery, home industry yang berada di Jl. Sompi Gg. Jenaka No. 6 Subang, yang mengemas buah nanas menjadi makanan ke tingkat elit. Digawangi dua bersaudara jebola IPB, Wilma Tresnasari dan Meili Kusuma Dewi, keduanya meracik nanas menjadi Delipel Cake.

"Saat ini baru empat macam yang kita buat, Cake Nanas, Cup cake nanas, pie nanas dan nastar. Semuanya berbahan baku dari nanas," kata Wilma Tresnasari kepada TINTAHIJAU.com, Rabu (23/10/2013)

Dua bersaudara itu resmi membuka Kinanti Bakeri pada Maret 2013 lalu. Dibalik bisnis oriented, keduanya melangkah dari tiga dasar substansi. Wilma mengatakan kedua "modal" itu adalah mengaplikasikan ilmu dari IPB, dan optimalisasi komoditi buah nanas yang menjadi khas Subang.

Maklum saja, partner usaha Wilma, Meili Kusuma Dewi yang juga merupakan adiknya, adalah lulusan tekhnologi pangan IPB. Sementara dirinya di Fakultas Ekonomi di kampus yang sama. "Setiap daerah memiliki oleh-oleh khas sendiri. Kalau kita bawa kerupuk miskin, tapi rasanya ga Subang banget. Pilihannya nanas, tapi ya susah bawanya. Tapi dengan dikemas semacam ini, khas Subangnya ada dan bawanya gampang," seloroh Wilma.

Keinginan kuat untuk menyulap Nanas menjadi makanan ringan bukan tanpa dasar. Meili, sebelumnya sempat bekerja di sebuah perusahaan kue.
Melangkah dari pengalaman itu, dua bersaudara itu akhirnya memutuskan untuk membuat Delipel Cake di rumahnya. "Pada awalnya 10 kali trial gagal terus untuk tekstur, karena karakter nanas sudah nyatu dengan tepung. Kita pelajari terus dan alhamdulillah berhasil. Sebagai tester adalah tetangga untuk mngetahui rasa, aroma dan testur, dan responnya bagus," cerita Meili.

Produknya itu, kemudian ditawarkan ke teman-teman mereka dengan sistem dor to dor. Dengan memanfaatkan fasilitas BBM dan social media, mereka menawarkan karyanya ke relasi dan rekannya. Hasilnya cukup menggembirakan. Selain mendapat pujian, pesanan-pun kini mengalir
setiap harinya. "Sehari 10-15 box, di weekend bisa 30 box. Konsumennya baru dari orang Subang yang merantau. Mereka pesan sebelum kembali ke tempat rantau," jelasnya.

Meskipun masih dalam jumlah terbatas, namun Delipel Cake sudah menyebar ke sejumlah kota di Indonesia. Selain kota Jakarta, Bogor, dan daerah lain di Jabar, permintaan datang dari Banten, Lampung, Surabaya, Jogja, Batam dan Pontianak. "Ke depan, tentu saja kita tidak saja membuat empat item itu, tapi akan ditambah, termasuk akan kita coba dalam bentuk minuman," jelasnya.

Kendati begitu, bisnis Delipel Cake dua bersaudara menghadapi masalah. Diantaranya layanan delivery. Ini disebabkan tidak adanya layanan jasa
pengiriman super cepat. Ini kaitannya dengan masa kadarluarsa yang tidak lebih 3 hari. "Kita mengutamakan kualitas, artinya Delipel Cake yang kita buat tidak menggunakan pengawet. sehingga tidak mampu lebih 3 hari kecuali disimpan di tempat dingin, itu bisa seminggu," jelas Wieli.

Untuk mengatasi masalah itu, ke depan mereka akan membuka outlet Delipel Cake di berbagai kota. "Ini menjadi solusi. Jadi biarkan kita
yang mendatangi konsumen, bukan mereka," imbuhnya.

Delipel Cake adalah terobosan baru meracik buah nanas dalam bentuk lain. Sekedar informasi buah nanas memiliki manfaat luar biasa untuk tubuh. Nanas mengandung tryptophan dan serotonin untuk relaksasi otak yang bermanfaat dalam mengurangi depresi, serta meningkatkan mood dan
konsentrasi.

Nanas mempunyai kandungan protein, asam organik, dekstrosa, serat yang tinggi, kandungan lemak dan sodium yang rendah, juga tidak mengandung kolesterol. Hal ini membuat nanas sangat baik untuk sistem pencernaan dan membantu dalam menjaga berat badan. Nanas juga memiliki fungsi dalam pembersihan luka yang berperan dalam mempercepat penyembuhan luka. Dalam buah Nanas dapat membantu keseimbangan hormon tubuh sehingga sangat berguna bagi wanita untuk mengatur siklus menstruasi.

Salah seorang konsumen Ipiet Nurhayati mengatakan, dengan racikan nanas dan tepung tidak membuat Delipel Cake kehilangan rasa nanasnya. Sebaliknya, rasa nanasnya lebih terasa dan menggigit. "Rasa dan aroma nanasnya gak hilang. Malah lebih menggigit," kata Ipiet yang sudah mencoba Pie Nanas. [annas nashrullah l @jejakAnnas]

Pemesanan by order:
Jl. Sompi Gg. Jenaka No. 6 Subang
telp. 081394064004 PIN BBM 261170E9 twitter: @DelipelCake


Banner Kanan 1

Twitter Update

Antrean Membeludak, Subang Jadi Fokus Pantauan Ombudsman Soal PPDB SMA https://t.co/ZJ2gFYc3Bu
Polemik Keberangkatan Haji dan 'Mati Suri' Bandara Kertajati Majalengka https://t.co/jovd5w8ugC
Hari Jadi ke-529 Majalengka, Dari Membangun Daerah Menuju Daerah Membangun https://t.co/IUqxx9CbtC
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page