FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Umat Muslim Wajib Tahu, Inilah Istilah Makanan yang Mengandung Babi

Indeks Artikel





SUBANG, TINTAHIJAU.com - Heboh soal pria muslim yang tak sengaja makan daging babi karena ketidaktahuannya. Supaya tak salah, muslim perlu tahu istilah-istilah makanan yang terbuat dari babi.

Lewat akun Twitter @fkadrun, seorang pria menceritakan pengalaman tak mengenakkan saat memesan makanan lewat ojek online. Ia memesan makanan yang ternyata terdapat daging babi di dalamnya.

Ia memesan dari gerai bernama Nasi Campur Kencana 99 yang berlokasi di Karanganyar. Saat itu, ia memesan menu paket Murmer yang berupa nasi hainan dan lauk-pauk.

Ternyata beberapa lauk pelengkap di dalamnya adalah daging babi, yakni lapchiong dan bakso goreng. Namun, pria itu tidak mengetahui apa itu lapchiong. Sementara di aplikasi ojolnya juga tidak ada keterangan halal atau haram.

Nah, supaya tak salah lagi ada baiknya kamu mengetahui beberapa istilah makanan yang terbuat dari daging babi. Mulai dari lapchiong hingga bakut.

Berikut 8 nama makanan yang mengandung daging babi:

1. Lapchiong

8 Istilah Makanan yang Terbuat dari Babi, Perlu Dicermati Muslim

Lapchiong atau lapcheong adalah sosis yang terbuat dari daging babi. Dibuat dari daging dan lemak babi dan dikeringkan. Sosis ini memiliki tekstur yang lebih keras dan kasar dari pada sosis yang terbuat dari daging sapi atau ayam.

Lapchiong memiliki cita rasa manis dengan aroma bumbu yang khas. Biasanya lapchiong disajikan dalam nasi goreng, nasi campur, bihun goreng dan mie goreng. Saat dimasak, lapchiong akan dipotong-potong terlebih dahulu. Sosis ini lebih berminyak daripada sosis daging sapi.

2. Samcan

Samcan merupakan daging babi yang terdiri dari lapisan daging dan lemak. Samcan dikenal juga dengan istilah pork belly karena berasal dari daging babi bagian lemak. Samcan ini sering dianggap sebagai bagian babi yang paling enak.

Samcan memiliki cita rasa yang sangat gurih. Rasa gurih itu berasal dari lemak yang berlapis-lapis dengan daging. Samcan biasanya diolah dengan cara digoreng kering dan garing. Atau dibuat babi panggang renyah atau babi kecap.

3. Ham



8 Istilah Makanan yang Terbuat dari Babi, Perlu Dicermati Muslim

Ham adalah istilah dalam bahasa Inggris untuk menyebut bagian paha hewan secara umum. Namun, istilah ini lebih sering digunakan untuk menyebut paha babi.

Ham babi ini seluruhnya berupa daging yang padat dan memiliki tekstur yang lembut. Umumnya ham diproses dengan cara diasapi dan diasinkan agar lebih awet. Biasanya dipotong dadu atau diiris tipis untuk isian sandwich atau campuran masakan lainnya. Bentuknya sekilas mirip daging ayam.



TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

HUT Ke-61, BPN Bikin Warga Kabupaten Subang Sumringah https://t.co/mhQwKV6bKA
Terkait Adanya Gangguan di Jaringan IndieHome, Pihak Telkom Akan Beri Kompensasi untuk Pelanggan https://t.co/KGHdDDOF4I
Implementasi Program YESS, SMKN 2 Subang Gelar Pameran Hasil Produksi Siswa https://t.co/69yN6Q946K
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter