FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Inilah Ikan Asin Populer yang Disukai Masyarakat Indonesia

Indeks Artikel


SUBANG, TINTAHIJAU.com - Selain alamnya yang indah, Indonesia juga dikenal sebagai negara yang memiliki ragam kuliner yang beragam, bahkan sejumlah kuliner Indonesia juga terkenal hingga ke mancanegara.

Salah satu makanan yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia ialah ikan asin. Karena citarasanya yang gurih dan asin membuat hampir semua masyarakat Indonesia menyukainya.

Selain itu, kemudahan untuk menemukan dan mengolah ikan yang mampu bertahan selama berbulan-bulan ini, juga menjadi alasan tambahan mengapa banyak lidah masyarakat yang jatuh hati terhadap ikan asin ini.

BACA JUGA: Seruput Kopi Mantan, Dapet Donat Rasa Gebetan di RotKop Subang

Nah, ternyata ada banyak ikan yang bisa diolah menjadi ikan asin, lho. Untuk kamu yang belum tahu, proses pengolahan ikan asin sendiri dilakukan melalui fermentasi garam yang kemudian dijemur dan diawetkan. Spesial untuk kamu yang ingin membuat ikan asin sendiri, kamu bisa menggunakan tujuh jenis ikan ini. Berikut tujuh jenis ikan asin favorit di Indonesia yang bisa diolah.

1. Jambal Roti

Jenis ikan pertama yang bisa dijadikan ikan asin ialah ikan jambal roti. Jenis ikan ini memiliki daging yang lebih tebal dibanding jenis ikan asin lainnya.Selain itu, penamaan roti pada ikan ini juga didasari dari tekstur dagingnya yang lembut bak roti. Untuk menikmati jenis ikan asin yang sering dijumpai di warung Sunda ini, kamu harus menyiapkan uang sekitar Rp65.000 untuk tiap kilogramnya.

2. Gabus

Ikan gabus juga bisa dijadikan ikan asin. Dibandingkan dengan jenis lain, ikan asin jenis ini relatif lebih bersih, dikarenakan sebelum diasinkan biasanya ikan telah dibersihkan dari sisik, insang, dan juga isi perutnya. Oleh karena itu, ikan asin gabus masuk ke dalam golongan ikan asin yang relatif cukup mahal.

Selain digoreng dan disantap dengan sayur asam, jenis ikan asin ini juga bisa diolah jadi banyak sajian sedap lainnya, contohnya seperti sambal goreng ikan asin gabus, ikan asin gabus balado, dan juga ikan asin gabus cabai hijau.

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Total 2.980 Kasus, Ini Sebaran Covid-19 di Majalengka https://t.co/NoYl1dK0Ne
Tok! Mulai 25 April Besok WNA dari India Dilarang Masuk RI https://t.co/M9IReLwkVo
Satlantas Polres Majalengka Buru Pemotor Knalpot Brong https://t.co/vGZ325FrM2
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter