FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Geco, Makanan Khas Cianjur yang Nyaris Punah

Indeks Artikel


SUBANG, TINTAHIJAU.com
- Geco, mungkin diantara pembaca ada yang pernah mencoba makanan ini, namun tidak sedikit juga yang masih merasa asing dengan nama makanan ini. ya, Geco sendiri merupakan nama makanan khas Cianjur dengan penamaan yang diambil dari nama bahan dasar nya yakni Toge dan Tauco.

Makanan khas Cianjur ini rasanya memang cukup menggoda lidah, jika anda mampir ke Cianjur jangan lupa untuk mencobanya.

Ciri khas dari makanan ini adalah lumuran tauco yang merupakan bumbu makanan khas dari Cianjur. Bumbu tauco geco sendiri terbuat dari biji kedelai yang telah direbus, dihaluskan dan diaduk dengan tepung terigu kemudian dibiarkan sampai tumbuh jamur (fermentasi).

Fermentasi tauco dengan direndam dengan air garam, kemudian dijemur pada terik matahari selama beberapa minggu sampai keluar aroma yang khas tauco atau rendaman berubah menjadi warna coklat kemerahan.

BACA JUGA:
Kopi Sugihwangi Majalengka Diseruput di Bali Hingga Qatar
Wajib Dicoba! Ayam Tumpah Dengan Pedas Zona Merah
Manjakan Pelanggan, Roti Kopi Subang Luncurkan Beli Tiga Bonus Satu RotKop

Hampir mirip dengan toge goreng bogor, Geco juga dimasak dengan wajan khusus berisi air. Bahan baku toge direbus selama sekitar 5 menit hingga teksturnya berubah sedikit lembut.

Setelah matang, toge diangkat dan ditaruh di atas irisan ketupat, tahu, dan tempe. Kemudian campuran ini disusun di atas lembaran daun pisang yang menjadi alas makan pengganti piring.

Sebagai pelengkap, geco diberi tambahan mie aci atau yang juga dikenal mie golosor di atasnya. Tak ketinggalan pelengkap yang paling penting, kuah tauco yang sudah diracik dengan bumbu lainnya. Kuah ini disirami di atas geco dengan tambahan sedikit cuka aren.

Rasa manis, asam, gurih menjadi perpaduan yang sempurna. Membuat lidah begitu dimanjakan. Dan bagi penyuka pedas, bisa ditambahkan sambal cabai merah.

Iding Jaenudin (60), salah seorang penjual geco mengatakan jika makanan khas Cianjur ini begitu populer di tahun 1960 hingga tahun 1990-an.

"Geco ini sudah ada sejak 1947, tapi mulai populer pada 1960. Dari orangtua hingga anak-anak, jajannya Geco. Sekilas Geco ini mirip dengan toge goreng, tapi bumbu tauco yang membedakannya. Rasa unik dari tauco itu yang membuat Geco ini digemari," ujar Iding, Sabtu (23/1/2021).

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

OPINI: Kesetaraan Gender dalam Bingkai Kebersamaan https://t.co/QzsJfd1Ra9
Gaduh Video Tendangan, PT Taekwang Temui ke Pemkab Subang https://t.co/nyECsUqXkf
Setahun Covid-19, Gubernur Jabar Ajak Masyarakat Harus Move On https://t.co/Ac6fQj7hTj
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter