FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Nikmatnya Apem Kinca Khas Majalengka, Manisnya Bikin Meleleh

MAJALENGKA, TINTAHIJAU.com - Kuliner yang dihidangkan saat momen hari besar tertentu adalah Kue Apem. Di Kota Kecil seperti Majalengka, Kue Apem ini masih ditemukan.

Makanan berbentuk seperti kue bolu ini biasanya dinikmati dengan mencocolkan apem ke gula merah cair yang bernama kinca. Kue Apem yang hadir di momen tertentu ini, bakal lebih nikmat apabila disandingkan dengan segelas kopi pahit hangat.

Sepanjang bulan Safar, bulan dalam kalender Islam, masyarakat Cirebon terbiasa membuat apem atau kue tradisional khas Cirebon. Sejak tanggal 1 hingga 30 Safar, setiap rumah selalu ada yang membuat apem.

Namun bukan hanya Cirebon, tradisi seperti itupun ditemui di sejumlah daerah Ciayumajakuning atau Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan. Di Majalengka tradisi kue Apem ini masih terawat hingga saat ini. Meskipun, jika dibandingkan dengan puluhan tahun sebelumnya, tradisi ini tidak mudah didapati.

Untuk mengobati rasa rindu dengan panganan yang dibuat dari tepung beras itu Sofie Mei Syahdiani yang lama bergelut di dunia bisnis kuliner ini, menawarkan Kue Apem Kinca.

Warung Iga Bakar dan Tigadara milik Wanita cantik ini bisa didapati Kue Apem Kinca dengan brand Aki Camat atau Apem KinCa nikMat.

Apem bikinan Ovie ini terbuat dari tepung beras di campur Peuyeum Singkong. Setelah dimasak hingga matang, dihidangkan dengan kinca yang terbuat dari Gula Kawung dan parutan Kelapa.

"Kelebihannya, karena ini adalah produksi dari Tigadara Majalengka jelas dibuat secara higinis dibentuk bagus, pastinya Apem ada juga di tempat lain, tapi yg ada di Tigadara mah special dan pastinya sudah masuk ke Pendopo Majalengka," ungkap Ovie promo.

Selain Apem Kinca, di tempat usahanya itu berkreasi dengan panganan jadulan lainnya diantaranya Kepatuk dan Keturih yaitu Kepatuk (Ketan Kelapa Suuk), Keturih (Ketan Gurih).

"Saya berharap dengan melestarikan makanan jadulan ini biar anak milenial atau generasi sekarang tau makanan jadulan khas orang Majalengka. Melestarikan lah istilahnya, jangan kalah sama odading mang Oleh," selorohnya.


FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

TRENDING TOPIC

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Fakta atau Mitos: Vagina Bisa Longgar Karena Kebanyakan Berhubungan Seks https://t.co/SSQ5KdIWPn
Indramayu Kini Miliki Laboratorium Untuk Uji Swab Sendiri https://t.co/b4LNu69r8x
Polres Majalengka Ungkap Kasus Pencurian Kendaraan Roda Empat https://t.co/HTphRRrJNX
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter