Kopi Campur Lemon, Selain Nikmat Juga Punya Khasiat



Anda mungkin akan merasa sedikit aneh jika membayangkan bagaimana rasanya jika munm kopi yang telah dicampur dengan lemon, selain itu mencampur kopi dengan lemon ini juga bukanlah hal yang lumrah.

Namun tahukah anda bahwa ternyata, minum kopi campur lemon ternyata sungguh nikmat, dan yangl lebih menarik ialah bahwa minuman ini tentu punya khasiat yang cukup bermanfaat bagi kesehatan.

BACA JUGA:
Ternyata Kopi Bisa Bikin Efek Mirip Candu
Kopi asal Subang Mulai Dikenalkan ke Warga Timur Tengah
Ternyata Ampas Kopi Punya Banyak Manfaat Lho!
Ternyata Minum Kopi Tanpa Gula Itu Lebih Menyehatkan


Dilansir dari laman Health Line kopi termasuk minuman yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Kandungan kafein pada kopi mampu merangsang sistem saraf pusat sehingga meningkatkan fokus. Sementara di dalam buah lemon terkandung vitamin C dan antioksidan yang sudah lama diandalkan sebagai obat herbal.

Untuk membuat campuran kopi lemon bisa menggunakan takaran secangkir kopi (240 ml) dengan air perasan dari satu buah lemon. Sayangnya banyak orang meragukan kenikmatan rasa kopi lemon padahal khasiat yang dikandung minuman ini sangatlah baik untuk kesehatan.

Berikut beberapa khasiat yang bisa didapatkan dari kopi lemon:

1. Kandungan kopi dan lemon

Konsumsi kopi dalam porsi tepat bisa melindungi tubuh dari pertumbuhan beberapa sel kanker seperti kanker hati, prostat, payudara dan gastrointestinal. Kopi juga diklaim menurunkan risiko diabetes, penyakit jantung, hati, depresi hingga alzheimer.

Sementara kafein dalam kopi membuat efek tendangan energi yang mampu membuat tubuh lebih semangat dan fokus. Tak heran jika kopi kerap dipilih sebagai minuman pagi untuk meningkatkan fokus dan energi.

Di lain sisi, lemon merupakan sumber vitamin C dan antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan. Pertumbuhan beberapa jenis sel kanker seperti kanker kerongkongan, lambung, pangkreas dan kanker payudara bisa dihambat dengan rutin konsumsi lemon.

2. Kopi lemon menurunkan berat badan

Campuran kopi dan lemon disebut-sebut bisa menurunkan berat badan namun penelitian ini belum terbukti kebenarannya. Satu-satunya cara untuk menghilangkan lemak berlebih pada tubuh adalah dengan mengonsumsi sedikit kalori atau membakar lebih banyak lemak.

Tapi ada penelitian yang mengungkap kalau kopi bisa jadi minuman yang efektif untuk menurunkan berat badan. Penelitian terbaru menemukan fakta bahwa kafein dapat menstimulasi brown adipose tissue (BAT), sejenis jaringan lemak aktif yang menurun seiring bertambahnya usia. Penelitian pada manusia menunjukkan bahwa kafein dari 1 cangkir (240 mL) dapat meningkatkan aktivitas BAT yang mengarah pada penurunan berat badan.

Demikian pula, penelitian yang dilakukan tahun 1980-an dan 1990-an yang menjelaskan bahwa kafein dapat meningkatkan metabolisme yang memaksimalkan pembakaran kalori 8-11 % artinya dengan konsumsi kopi, Anda bisa membakar 79-150 kalori tambahan dalam sehari.

3. Meringankan sakit kepala

Sakit kepala dan migrain termasuk masalah yang dialami hampir semua orang. Tak heran kalau banyak orang mencari pengobatan alami untuk meringankan sakit kepala.

Salah satu obat yang diandalkan untuk mengobati sakit kepala adalah kopi. Kafein dalam kopi memilki efek vasokonstriktor yang bekerja untuk mengurangi aliran darah ke kepala sehingga mengurangi rasa sakit.

Minum kopi dan lemon tidak bisa menjadi patokan pasti untuk mengobati sakit kepala. Sebagian orang mengaku sembuh setelah minum kopi lemon namun sebagian lainnya justru merasa lebih sakit. Konsumsilah kopi lemon dalam porsi yang wajar untuk mendapatkan manfaat sehatnya.

4. Merawat kulit

Kandungan CGA pada kopi dipercaya bisa meningkatkan aliran darah dan menghidrasi kulit dengan baik. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kopi dapat mengurangi skaliness kulit, meningkatkan kehalusan kulit, dan mengurangi kerusakan permukaan kulit.

Di samping itu, kandungan vitamin C pada lemon dapat merangsang produksi kolagen sehingga memberikan kekuatan dan elastisitas kulit, mengurangi kerusakan kulit yang disebabkan oleh radikal bebas dan melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Sumber: detikFood

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.


TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Pemeriksaan SIKM Bikin Tol Cikampek Menuju Jakarta Macet Sejauh 3 KM https://t.co/WEMdXOpHNw
Hasil Rapid Test, Sebanyak 40 Tenaga Medis RSUD Cideres Negatif https://t.co/m69NPPNTan
Fakta di Balik Trendingnya Karakter Fizi pada Serial Animasi Upin dan Ipin https://t.co/Y8rQLD9X6D
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter