FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Makanan Ini Cocok untuk Naikan Trombosit Penderita Demam Berdarah



Musim penghujan merupakan salah satu faktor peningkat risiko penyakit demam berdarah dengue (DBD). Genangan air di sejumlah lokasi rentan jadi sarang jentik nyamuk Aedes aegypti.

DBD merupakan penyakit yang ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypti yang sudah terinfeksi virus dengue. Virus dengue biasanya menginfeksi nyamuk Aedes betina saat menghisap darah dari seseorang yang sedang dalam fase demam akut (viraemia), yaitu dua hari sebelum panas sampai lima hari setelah demam timbul.

Ada beberapa gejala DBD yang harus kita perhatikan. Bila kamu merasa mendadak panas tinggi selama 2-7 hari, lesu, ulu hati nyeri, disertai timbul bintik-bintik merah, sudah saatnya kamu periksa ke dokter.

BACA JUGA:
Jangan Konsumsi 7 Makanan Ini Jika Sedang Hamil
Awas!, Makanan Ini Bahaya Dikonsumsi Bayi Dibawah 1 Tahun
5 Makanan Ini Bikin Pria Tahan Lama Saat Berhubungan Intim
Makanan Ini Bisa Tingkatkan Kualitas Sperma

Bukan itu saja, demam berdarah juga akan menyebabkan penurunan trombosit darah secara drastis yang berakibat fatal bagi tubuh.

Selain dengan menjalani perawatan khusus sesegera mungkin, sebaiknya imbangi pula dengan mengkonsumsi makanan yang dapat meningkatkan trombosit darah dan membantu pemulihan secara lebih cepat. Beberapa makanan yang diandalkan misalnya jambu biji dan kurma.

Selain jambu biji dan kurma, ada banyak makanan dan minuman lain yang mempercepat peningkatan trombosit saat DBD. Berikut kumparan rangkum lima makanan dan minuman yang dapat mempercepat pemulihan demam berdarah:

1. Delima

Buah delima tinggi akan zat besi yang berperan untuk memperbaiki tingkat trombosit darah. Ini bikin buah delima sangat baik untuk dikonsumsi penderita demam berdarah.

Buah yang juga disebut pomegranate ini juga sangat kaya akan nutrisi dan mineral penting yang menyediakan energi bagi tubuh.

2. Bayam

Kandungan zat besi dan asam lemak omega-3 pada bayam berfungsi untuk meningkatkan sistem imun. Sayuran hijau ini juga sangat efektif untuk meningkatkan jumlah kepingan darah atau trombosit pada tubuh.

Melansir dari New England Journal of Medicine, bayam merah kaya akan zat besi yang bermanfaat melancarkan darah. Mengonsumsinya secara rutin dapat meningkatkan hemoglobin sehingga baik untuk penderita anemia.

3. Air Kelapa

Penderita demam berdarah sangat rentan terhadap dehidrasi. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan untuk banyak mengkonsumsi cairan, terutama yang mengandung elektrolit, misalnya air kelapa.

Tak hanya kaya akan elektrolit, minuman segar ini juga memiliki kandungan mineral lain yang bisa menggantikan nutrisi tubuh yang hilang karena dehidrasi.

4. Nanas

Dilansir Live Science, nanas mengandung kadar vitamin C yang cukup tinggi, yaitu sekitar 76 persen per 100 gram buah nanas.

Dengan kandungan vitamin C yang melimpah, konsumsi nanas dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ini karena, vitamin C merupakan antioksidan yang diklaim bisa menghancurkan sel-sel jahat akibat radikal bebas.

BACA JUGA:
Bagaimana Agar Makanan Tidak Cepat Basi?
Makanan Kesukaan Banyak Orang Ini Ternyata Bisa Mematikan
Pilih Makanan yang Baik Dikonsumsi Anak Setelah Sakit
Makanan Ini Tidak Boleh Dikonsumsi Ibu Hamil

5. Daging Merah

Zat besi pada daging merah lebih banyak dibandingkan dengan yang kita dapatkan dari sayuran. Dalam daging merah juga terdapat zat besi heme yang dapat bekerja lebih baik daripada zat besi pada sayuran.

Sumber: Kumparan | Foto: Pexels

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

HOAKS! Adidas Bagi-bagi Ribuan Pasang Sepatu, Kaus, dan Masker https://t.co/uKCqWmzMKK
Akhir Pekan, DPRD Subang Panggil 20 OPD Bahas Raperda APBD Perubahan https://t.co/UIOwnZCct8
Komunitas Kracker Supermoto Subang Galang Dana untuk Sukabumi https://t.co/DHNFY5CTuZ
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter