Cara Membuat Dodol Nanas, Penganan Khas Subang

Dodol adalah produk olahan hasil pertanian berupa buah–buahan yang termasuk bahan pangan yang terdiri dari makanan berupa campuran tepung serta gula yang dikeringkan.

Dodol ini pun dijadikan makanan selingan atau makanan ringan, makanan ini memiliki tekstur yang agak basah namun kandungan air cukup rendah jadi bisa stabil selama penyimpanannya. Daya simpan untuk dodol ini dipengaruhi oleh beberapa hal seperti komposisi bahan penyusun, teknologi pengolahan dengan sanitasi, aktivitas mikrobia, sistem pengemasan yang dipergunakan serta penggunaan bahan pengawet. Dalam mengolah dodol ini menggunakan bahan campuran berupa tepung beras ketan, tepung beras ketan inilah yang digunakan untuk bahan campuran serta bahan pengikat supaya didapatkan tekstur dodol yang diinginkan.

Dodol saat ini mulai banyak bermunculan dengan aneka buah – buahan yang digunakan sebagai bahan bakunya. Buah – buahan yang biasa digunakan untuk membuat dodol ini adalah seperti buah apel, buah mangga, buah nanas dan aneka jenis buah lainnnya.

Nah, salah satu dodol buah yang banyak disukai orang adalah dodol nanas yang menjadi ciri khas penganan dari daerah Subang. Dodol nanas ini memiliki rasanya yang khas dan kenyal, penganan ini sangat cocok dijadikan oleh–oleh, untuk hidangan kue khas lebaran atau untuk camilan keluarga.

Bahan-bahan

200 gram tepung ketan putih
150 gram gula merah
100 gram gula putih
4 buah nanas ukuran sedang
1 bungkus vanilli bubuk
60 gram santan kara (kara ukuran kecil)

Cara Membuat Dodol Nanas

1. Kupas nanas, lalu parut jika ingin lebih cepat pengerjaaannya bisa di blender saja. Lalu dimasak hingga airnya surut dan mulai mengental juga berwarna kecoklatan.

2. Tambahkan vanilli bubuk. Aduk rata dan sisihkan.

3. Siapkan tepung ketan, gula putih, gula merah juga hasil parutan nanas yang sudah berbentuk seperti selai nanas.

4. Terlebih dahulu tepung ketan disangrai hingga kering.

5. Masukan terlebih dahulu gula merah, aduk hingga lumer, lalu gula putih, aduk rata kemudian masukan tepung ketan. Aduk rata kembali hingga diakhiri dengan santan. (wajan yang saya gunakan masih wajan untuk menyangrai tepung ketan, hanya saja tepung ketan saya sisihkan terlebih dahulu)

6. Setelah semua bahan telah masuk dan tercampur rata, barulah masukan nanas yang sudah berupa selai tadi. Kemudian dimasak hingga mengental.

7. Pindahkan dodol ke dalam loyang atau wadah.

8. Dodol sudah tidak lagi panas/sudah agak dingin/suhu kamar, maka dodol siap dibungkus dengan menggunakan kertas minyak yang telah dipotong-potong seukuran 8x8cm.

9. Jika dodol ingin agak keras maka bisa menjemurnya di bawah sinar Matahari.

10. Dodol nanas siap untuk dinikmati. Cocok untuk teman minum teh hangat

[tokomesin | cookpad]

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom


TINTAHIJAU CHANNEL
Banner Kanan 2
Banner Kanan 1

Twitter Update

BIJB Kertajati Jadi Destinasi Wisata Edukasi Kedirgantaraan https://t.co/E3hB3r8CUm
Absurd! Pemkab dan DPRD Subang Diminta Kurangi Studi Banding https://t.co/fXgbJ7jvyJ
Disdukcapil Subang: Suket Sah untuk Daftar CPNS Sebagai Pengganti KTP-e https://t.co/1M2hunClwc
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page