BUMDes Banyusari Majalengka Sulap Singkong jadi Es Krim yang Nikmat

MAJALENGKA, TINTAHIJAU.com - Desa Banyusari, Kecamatan Malausma, Majalengka dikenal sebagai daerah dengan potensi hasil buminya. Salah satunya adalah singkong.

Melimpahnya hasil bumi itu, membuat perangkat Desa setempat berfikir keras untuk memuat kreasi panganan khas yang berbahan baku dari Singkong. Potensi ini ditangkap sebagai inspirasi oleh BUMDes Sugih Mukti Desa Banyusari, dengan membuat Es Krim yang berbahan baku dari Singkong.

Hasilnya, Es Krim Singkong buatan BUMDes Sugih Mukti itu digemari banyak orang. Bahkan, hajatan warga di daerah tersebut menjadikan Es Krim Singkong jadi penyerta menu hajatan. Pada Majalengka Expo yang digelar di Pujasera, Es Krim ini menjadi perhatian Bupati Karna Sobahi dan pejabat Forkopinda dan Pemkab.

"Rasanya enak karena sudah ada varian rasa lain, sementara yang original manisnya dari gula aren," kata salah seorang penjaga stand Es Krim Singkong, Asep Rukanda kepada TINTAHIAJU.com

Asep memaparkan, Es Krim Singkong ini memiliki empat varian rasa, dari rasa strowberry, durian, melon, sampai rasa coklat. Tentu saja, Es Krim ini menyediakan paket untuk rasa original.

Kasi Pemerintahan Kecamatan Malausma Sutisna yang juga penjaga stand menjelaskan ide kreatif Bumdes Sugih Mukti itu baru berjalan 2 bulan ini. Kreasi ini dimatangkan dengan mencari informasi lewat internet.

"Berawal dari banyaknya bahan baku Singkong di wilayah atas yaitu di Kecamatan Malausma, maka Bumdes Sugih Mukti Desa Banyusari melakukan terobosan membuat Es Krim Singkong," Kata Sutisna

Selain mendapat pesanan dari hajatan warga, Es Krim Singkong ini dipasarkan lewat toko yang ada di Kecamatan Malausma.  "Saya berharap, ke depan, ada kreasi-kreasi lain dengan mangengkat potensi dan kearifan lokal," kata SUtisna.



FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
Twitter: TINTAHIJAUcom
YouTube: TINTAHIJAU Channel


Banner Kanan 1
Banner Kanan 2

Twitter Update

Akhiri KNM di Desa Sukasari, Mahasiswa Universitas Majalengka Gelar Seminar Digitalpreneur https://t.co/8NPcuCDVmB
Diduga Korupsi Dana Desa, Kejari Indramayu Tahan Kepala Desa https://t.co/kHczaqBY1R
Bupati Subang Jalin Kerjasama dengan ITB di Bidang Pendidikan cc @PemkabSubang @itbofficial https://t.co/N1BzabhBTF
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page