FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

5 Kiat Mencari Makanan Halal di Taiwan dan Pilihan Menunya

Satu masalah yang sering jadi kendala buat traveler Muslim yaitu mencari makanan halal. Tak semua kota dan negara di dunia menyajikan makanan seperti ini. Tapi ada pengecualian saat berkunjung ke Taiwan. Bukan tanpa sebab, karena Taiwan kini sedang gencar menarik minat wisatawan muslim asal Indonesia.

Di negara ini, traveler Muslim bisa dengan mudah menemukan makanan dengan label halal. Bahkan akan lebih mudah lagi di beberapa waktu mendatang seiring naiknya minat wisatawan Muslim tanah air. Meski begitu, ada hal-hal yang harus diperhatikan saat mencari makanan halal di Taiwan.

Lakukan Riset Sederhana
Sudah jadi keharusan traveler manapun untuk riset destinasi yang dituju sebelum benar-benar berangkat. Tak harus rumit, riset bisa dilakukan secara sederhana. Misalnya dengan cari tahu akses ke destinasi, transportasi, akomodasi, fasilitas yang ditawarkan, termasuk jenis makanan yang dihidangkan.

Semua ini diperlukan guna mendapat pengalaman maksimal saat berlibur. Khusus di Taiwan, setidaknya ada 87 restoran berlabel halal dan rata-rata berlokasi di Taipei. Sayangnya, begitu keluar Taipei, mencari makanan halal akan sedikit susah dan butuh perjuangan ekstra.

Mencari Hidangan Laut
Dilihat dari segi geografis, Taiwan terletak di pinggir laut dan sudah lama terkenal akan hasil lautnya. Artinya, ada banyak variasi hidangan laut yang bisa dicoba seperti ikan, cumi, dan udang. Sempatkan jalan sejenak untuk cari restoran yang khusus menyediakan olahan dari hidangan laut.

Meski hasil laut bukan sektor unggulan Taiwan, tapi harga yang dipatok untuk tiap hidangan laut masih terjangkau. Ini jelas jadi kabar baik untuk pelancong dari tanah air untuk berhemat. Jika masih ragu terutama dengan bumbu masak yang mereka gunakan, coba mampir dan tanya langsung ke penjual. Mereka akan dengan senang hati melayani.

Mencoba hidangan Vegetarian
Jika tak ingin terjebak dalam situasi halal dan tak halal, solusi praktis yang diambil yaitu menyantap hidangan vegetarian. Komposisinya berupa sayur dan buah, jadi pasti akan lebih ramah untuk traveler Muslim. Sudah begitu, banyak restoran yang di Taiwan yang menyediakan menu vegetarian.

Selain banyak resto yang menawarkan makanan vegetarian, hotel dan penginapan juga menyediakan menu ini. Tapi jika tak mau menyantap sajian vegetarian yang dihidangkan hotel dengan alasan apapun, alternatif lain yaitu mencari secara manual, jalan-jalan sambil cari tempat makan.

Tur wisata Muslim
Tujuannya jelas, yaitu mengakomodasi kebutuhan traveler Muslim. Agensi semacam ini menawarkan kemudahan berwisata, bahkan semua sudah diatur sedari awal berangkat. Mulai dari pemilihan maskapai yang akan dipakai, Eva Air misalnya, hingga detail kecil seperti cari tempat makan.

Bila punya dana lebih untuk ke Taiwan, menyewa agensi adalah langkah bijak yang bisa diambil. Kebutuhan apapun terkait wisata umumnya akan diatur (meski agensi kadang tak memberi kebebasan). Ini beda dengan traveler independen yang menyukai kebebasan dan kemandirian, seperti memilih penerbangan langsung ke Taipei yang hanya dilayani oleh Eva Air, Garuda Indonesia dan China Airlines.

Tanya ke Warga Lokal
Semisal sudah habis ide dan tak tahu ke mana lagi harus cari makanan halal di Taiwan, tak perlu sungkan tanya ke warga lokal. Mereka cukup terbuka dengan wisatawan asing, termasuk traveler Muslim. Juga, mereka sudah paham apa itu makanan halal. Jadi tak perlu menjelaskan panjang lebar lagi.

Akan lebih baik kalau sebelum berangkat ke Taiwan, pahami dulu bagaimana tulisan dan ucapan ‘babi’ dalam Bahasa Mandarin. Ini penting, karena rata-rata resto di Taiwan menyajikan makanan berbahan dasar babi. Para penjual sudah tahu kalau Muslim tidak makan babi. Jadi, jangan ragu bertanya ya!


FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
Twitter: TINTAHIJAUcom


Banner Kanan 1

Twitter Update

HUT Bhayangkara, Dokpol Cantik ini Layani Cek Kesehatan Ratusan Warga https://t.co/teu3opNQqJ
Polisi Tilang 75 Kendaraan Saat Razia Motor Bodong di Pabuaran Subang https://t.co/Xpz9MvmnXf
Minim Pendaftar, Festival 'Kaulinan Urang Lembur' HUT Majalengka Batal Digelar https://t.co/iA5WNeu2uN
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page