Follow us:

Cikebo Surganya Penikmat Jagung Bakar di Majalengka

Salah satu sentra pertanian Jagung di wilayah Majalengka adalah Cikebo yang berada di Desa Anggrawati, Kecamatan Maja Majalengka. Tak heran jika di sepanjang jalan areal Cikebo ini didapati pondok jagung bakar.

Berada di lokasi perbukitan menuju Kecamatan Maja, sepanjang jalan Cikebo baik di kiri maupun di kanan jalan dipadati pondok-pondok jagung bakar yang sudah berdiri belasan hingga puluhan tahun. Pondok jagung bakar Cikebo sangat populer di kalangan masyarakat penuka jagung bakar. Umumnya para pedagang ini menerima pasokan jagung dari masyarakat sekitar yang memiliki perkebunan jagung.

Sementara para pemilik pondok jagung bakar itu sendiri rata-rata adalah pendatang dari luar wilayah Cikebo yang mengadu peruntungan dengan bisnis membuka pondok jagung bakar. Menurut salah seorang pemilik pondok Jagung Bakar Cikebo, Iin (52) mengaku sudah 14 tahun berjualan jagung bakar di wilayah Cikebo padahal ia sendiri merupakan warga Desa Kasagara Kecamatan Argapura.

Sebagian besar yang berjualan jagung bakar di wikayah Cikebo adalah pendatang seperti dirinya. Sisanya adalah penduduk setempat. Para pedagang ini menurut Iin ada yang menyewa lahan namun ada juga yang merupakan tanah lahannya sendiri. "Saya membuka pondok jagung bakar di lahan milik ayah saya. Jadi saya tidak perlu mengeluarkan biaya sewa lahan," kata Iin kepada TINTAHIJAU.com.

Belasan pondok jagung  bakar di sepanjang jalan Cikebo tidak hanya menjual jagung bakar. Dengan iklim yang cenderung agak dingin, para pedagang juga menjual minuman hangat seperti kopi, susu maupun wedang jahe.

Hsail usahanya iotu, Iin bisa membiayai ketiga anaknya mengenyam bangku pendidikan baik yang masih SMP, SMK ataupun yang sudah lulus SMA. dengan penghasilan kotor hingga 200 ribu rupiah per hari. Minimalnya menurut dia bisa memenuhi kebutuhan harian dan menabung jika ada lebih.

Sony salah satu pengunjung pondok jagung bakar Cikebo asal Desa Sukaraja Jatiwangi mengaku sering mampir dan menikmati jagung bakar jika akan melewati wilayah Kecamatan Maja. "Bagi saya Cikebo adalah transit yang nyaman dengan udaranya yang sejuk sangat cocok jika singgah dan menikmati jagung bakar disini,  bagi saya inimah surganya penikmat jagung bakar," ujarnya. (Echa)

Dapatkan kilasan berita lainnya via:
twitter: @TINTAHIJAUcom
FB: REDAKSI TINTAHIJAU


Twitter Update

Cegah Pungli, Rekrutmen Buruh Harus Lewat Disnakertrans https://t.co/Nv4jGo83YF
Bedah Rumah TMMD, Elis Senyum Bahagia dengan Rumah yang Dulu Bilik Kini Berdiri Kokoh https://t.co/DIYzbRAmyW
Bantu TNI, Elis Jadi Tukang Aduk Saat Rehab Rutilahu TMMD https://t.co/QmZjazHdUQ
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page