Tradisi Obrog, dari Kentongan Hingga Live Music untuk Bangunkan Sahur

Menikmati bulan puasa di kampung, akan mendapatkan suasana berbeda. Tidak hanya saat ngabuburit atau menunggu adzan Maghrib, tapi pada saat waktu sahur.

Obrog-obrog, demikian orang menyebutnya. Mereka adalah sekelompok orang yang membangunkan warga untuk sahur dengan menggunakan alat musik yang ditabuh dan berkeliling kampung dari gang ke gang. Alat musik yang digunakan, dari mulai alat seadanya seperti kentongan, sampai mengerahkan perlengkapan live music.

Seperti di Desa Karyamukti, Kecamatan Panyingkiran, Majalengka ini. Mereka membangun orang untuk santap sahur dengan live music lengkap dengan penyanyinya atau sinden.

Di Desa Karyamnukti, Sinden obrog yang menjadi primadona adalah Ukay Karyawati. Sudah lebih dari 10 tahun dia menjadi Sinden Obrog-obrog hingga saat ini.

"Sudah lebih dari 10 tahun Obrog-obrog Karyamukti eksis. Dan ibu menjadi sinden obrog bergabung dengan timnya membantu warga dengan membangunkan yang akan makan sahur," ungkap anak pertamanya Neni kepada TINTAHIJAU.com Sabtu (19/5/2018)

Sebelum memasuki Ramadan atau dua hari menjelang puasa, perlengkapan obrog dicek, bahkan ada latihan. Ini dilakukan guna memastikan kesiapan. Pada saat memasuki bulan Ramadan, group Obrog ini mulai bergerak dari pukul 00.00 dinihari sampai menjelang imsak

Obrog-obrog Desa Karyamukti dengan Sinden Obrog Ceu Ukay, termasuk langka, pasalnya di wilayah lain Obrog-obrog cukup menggunakan Tape dan speaker untuk membangunkan sahur.

"Tim obrog-obrog Desa Karyamukti lebih dari 10 orang termasuk ibu saya sebagai vokalisnya. Mereka biasanya akan mendapat upah sebagai rasa terima kasih warga yang sudah merasa dibangunkan untuk sahur. Pembagian upah berdasarkan jumlah kehadiran saat ngobrog," pungkas Neni. (Echa)

foto ilustrasi


Dapatkan kilasan berita lainnya via:
Twitter: @TINTAHIJAUcom
Instagram: @TINTAHIJAUcom
FB: REDAKSI TINTAHIJAU


Banner Kanan 6
Banner Kanan 7
Banner Kanan 1
Banner Kanan 2
Banner Kanan 3
Banner Kanan 4
Banner Kanan 5

Twitter Update

27 Juni 2018, Kabupaten Subang menggelar Pilkada. Catat! Inilah Visi Misi Tiga Pasangan Calon Bupati Subang https://t.co/yZ8mokqvaL
H+1 volume kendaraan di jalur wisata, Subang-Ciater alami peningkatan. Arus lalin di jalur tersebut padat merayap.… https://t.co/yL22Sz8D94
Kecelakaan lalu lintas di Jl Cibarengkok, Binong, Subang. Seorang pengendara motor tanpa identitas dinyatakan menin… https://t.co/QGDIcOhHZB
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page