Perkuat Karakter, Budaya Diusulkan jadi Ekskul Wajib Sekolah

TINJAU LOMBOK- Seni-budaya diusulkan menjadi ekstrakulikuler wajib sekolah mulai tahun ajaran 2017. Usulan ini guna memperkuat karakter budaya di komunitas sekolah.

Usulan budaya menjadi salah satu ekstrakulikuler wajib di sekolah dibahas dalam rakor Ditjen Budaya Kementerian Pendidikan & Budaya di Lombok.  Soal Penguatan Budaya di Sekolah dan Masyarakat dibahas di Komisi III. 

Komisi III yang terdiri dari Kepala Dinas, Pelaku Seni-Budaya dan Komunitas Seni-Budaya perwakilan dari sejumlah daerah di Indonesia.

"Sekolah menjadi salah satu media untuk memperkuat karakter budaya, juga sebagai sarana terpenting untung menyambung dan mewarisi budaya leluhur untuk generasi kita dan setelahnya. Sehingga, budaya ini menjadi wajib sebagai ekstrakulikuler di sekolah," kata salah seorang anggota Komisi III, Evi Silviadi dari Galuh Pakuan, Subang Jabar.

Evi menegaskan, sejauh ini, seni-budaya berhenti sampai pada pelakunya saja, atau belum menjadi bagian dari masyarakat. Padahal, peran budaya dalam kehidupan bermasyarakat memiliki posisi penting.

"Sejauh ini, budaya masih sebatas di bibir dan seremonial, belum menjadi bagian dari masyarakat dan kehidupan. Pemerintah, sudah saatnya hadir di sana untuk menyelamatkan eksistensinya. Salah satunya dengan menyambungkan kembali garis untuk mewariskan budaya, bukan hanya melestarikan saja," tandasnya.

"Tekhnisnya nanti, pelaku budaya ini masuk ke sekolah. Tentu saja, disana ada konsekwens hak dan kewajiban. Kita usulkan, pusat, provinsi dan pemkab untuk mensupport soal ini," imbuhnya.

Gagasan ini, sejalan dengan itikad Kepala Dinas dan Kebudayaan Subang, Suwarna. Tahun ini, dia berambisi kegiatan seni dan budaya harus masuk sekolah. "Untuk mengukur perkembangannya, setiap minggu masing-masing sekolah menunjukan di depan publik, kita buat pementasan untuk mereka," kata Suwarna.

 

-----

Dapatkan lintasan berita Subang via:

Follow Twitter: @tintahijaucom

Like Faceboook: Redaksi Tintahijau

Chanel BBM: Berita Subang


Banner Kanan 1

Twitter Update

Jenazah TKI/PMI asal Subang, Muhamad Zeni tiba di rumah duka di di Cigugur Kidul, Kecamatan Pusakanagara, Subang… https://t.co/3SuoCqd9rw
Informasi lowongan kerja di Kabupaten Subang https://t.co/XElYsAouO9
Warga Desa Singawada Doakan Karna Sobahi Jadi Bupati Majalengka https://t.co/yGR5oEbGuA
Follow TINTAHIJAU.COM on Twitter

Facebook Page