Wilayah Kabupaten Subang terbentuk sudah sejak zaman Pleistosen. Dibuktikan dengan ditemukannya fosil vertebrata dan moluska di beberapa tempat di wilayah Kabupaten Subang, seperti di Curug Cina Ranggawulung, Ciereng, dan aliran Sungai Cisaar.

Bukti kehidupan lain yang ditemukan adalah perkakas Kapak Perimbas di Pringkasap, Pabuaran. Penemuan

Sejumlah daerah di wilayah Pantura Jabar memiliki tradisi dan adat istiadat cukup banyak, terutama di bidang pertanian seperti sedekah bumi dan lainnya. Satu diantaranya adalah Mapag Tamba.

Tradisi ini digelar warga setelah tanam padi. Biasanya Mapag Tamba dimulai saat musim tanam padi. Mapag Tamba ini diyakini

Ada yang menarik cara tandur (tanam padi) di Kampung Wates, Desa Jatisura, Kecamatan Jatiwangi, Majalengka ini. Saat aktivitas tandur dimulai, belasan ibu-ibu mengumandangkan sholawat Nabi.

Acara Tandur Sholawat ini digagas Jatiwangi Art Factory atau JAF. Ada ritual khusus pada saat hendak tandur di sawah segitiga cinta

Wayang kulit dan sandiwara pantura dengan ceritera perjuangan Islam sampai di Jatitujuh,  mewarnai  peringatan maulud Nabi Muhamad SAW yang diselenggarakan Padepokan Nursejati, sebuah Manjlis dzikir Al Awaliah, Desa Sumber Kulon, Kecamatan Jatitujuh, Kabupaten Majalengka.

Menurut keterangan Ketua Padepokan Nursejati, Buyut Suhenda, Pagelaran wayang kulit dan sandiwara

Seni Gembyung merupakan salah satu kesenian peninggalan para wali di Cirebon. Seni ini merupakan pengembangan dari kesenian Terbang yang hidup di lingkungan pesantren.

Sejumlah suber menyebutkan Gembyung digunakan oleh para wali yang dalam hal ini Sunan Bonang dan Sunan Kalijaga sebagai media untuk menyebarkan agama

Banner Kanan 1

Twitter Update

Hanura Putuskan Dukung Maman-Jefry di Pilkada Majalengka https://t.co/XbSdh3g1Ux
Pedagang Pasar Jualan di Depan Pendopo Bupati Subang https://t.co/jBxLeiHb6Y
Inilah Daftar Harta Kekayaan Calon Bupati dan Calon Bupati Majalengka https://t.co/6ZtlhHnN5o
Follow TINTAHIJAU.COM on Twitter

Facebook Page