Pemerintahan

  1. Eksekutif
  2. Legislatif
  3. Politik
  4. Subang Jawara



Kemudian di tempat ketiga pasangan Dede Yususf Macan Efendi - Lex Laksamana Zainal Lan 5.077.522, dan Irianto MS. Syafiudin - Tatang Farhanul Hakim 2.448.358 suara, serta di posisi terakhir Dikdik Maulana Arif Mansur dan Cecep Nana Suryana Toyib yang mendulang 359.233 suara.

Suara sah keseluruhan mencapai 20.115.423 dan suara tidak sah mencapai 598.356. Jumlah suara sah dan tidak sah mencapai 20.713.779.  Daftar pemilih tetap (DPT) pada Pilgub Jabar 2013 jumlahnya mencapai 32,5 juta jiwa.

Pengumuman pemenang dibacakan dan disahkan dengan ketukan palu oleh Ketua KPU Jabar Yayat Hidayat. "Hasil rekapitulasi ini dinyatakan sah," tegas Yayat.

Setelah pengumuman usai, beberapa tim sukses cagub-cawagub menyampaikan keberatan atas pelaksanaan dan hasil Pilgub Jabar ini. Selain itu, mereka tidak mau menandatangani hasil keputusan ini, dan langsung meninggalkan ruangan begitu saja.

Pembacaan rekapitulasi penghitungan suara akhir Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jabar, Bandung, diwarnai interupsi, Ahad (3/3). Pemerotes menuding terjadi pelanggaran semasa proses pemilihan.

Adalah saksi pasangan nomor urut lima, Rieke Diah Pitaloka-Teten Masduki, yang melayangkan keberatan. KPU Jabar sendiri bersikap tenang seraya meluruskan persoalan. Menurut KPU Jabar, jika ada, gugatan bisa dilakukan usai rekapitulasi. Andai tak puas, aduan bisa dilanjutkan ke Mahkamah Konstitusi (MK). [berbagai sumber]