Pemkab Majalengka Rogoh Rp3 Miliar untuk Pilkades di 142 Desa

MAJALENGKA, TINTAHIJAU.com - Pemkab Majalengka merogoh Rp3 miliar untuk pelaksanaan Pilkades yang diikuti 142 Desa yang digelar pada November mendatang.

Bupati Majalegka Karna Sobahi mengatakan, dana sebesar itu akan dibagikan untuk Desa yang melaksanakan Pemiihan Kepala Desa sesuai kebutuhan. Dana itu berasal dari APBD 2019.

Dalam pelaksanaannya nanti, semua masyarakat, warga negara Indonesia (WNI), tanpa melihat alamat asal, mempunyai kesempatan untuk maju sebagai kandidat kepala desa. Aturan main itu berbeda dengan Pilkades sebelumnya yang mengharuskan calon kepala desa (calkades) merupakan warga dari desa yang menjadi tempat dia maju.

Bupati Majalengka Karna sobahi mengatakan aturan tersebut sudah tertuang dalam perubahan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 2 tahun 2015 tentang Pemrintahan Desa. Perda itu sudah ditetapkan dalam paripurna DPRD Kabupaten Majalengka pekan kemarin.

Untuk menguatkan Perda 2/2015 itu, dalam waktu dekat Bupati akan mengeluarkan Peraturan Bupati (Perbup). "Nanti aturan itu dijabarkan lagi dalam petunjuk pelaksanaan pada peraturan bupati. Saat ini masih dalam dalam proses," kata Karna.

Di sisi lain, terkait latar belakang pendidikan, calkades disyaratkan minimal SMP dan atau sederajat. Ketentuan itu masih sama dengan Pilkades sebelumnya.


FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom


TINTAHIJAU CHANNEL
Banner Kanan 2
Banner Kanan 1

Twitter Update

Benarkah Jenis Kelamin Bayi Pengaruhi Kesehatan Ibu dan Anak? https://t.co/8nMFsoYksj
Hindari Ucapkan Kata-kata Ini Saat Kencan Pertama https://t.co/CMCXfVAXSk
Dalam 10 Hari ini, Sudah 29 Orang Daftar Open Bidding Pejabat Subang. Siapa saja mereka? https://t.co/5ld33CZP8N
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page