FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Kenali Lima Jenis Surat Suara Sebelum Datang ke TPS

SUBANG, TINTAHIJAU.com - Pemilihan presiden dan wakil presiden serta calon anggota legislatif akan dilakukan secara serentak di Pemilu 2019. Nantinya pemilih akan diberikan lima jenis surat suara, apa saja?

Kelima jenis surat suara tersebut yaitu untuk pemilihan presiden dan wakil presiden, DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi serta DPRD Kabupaten/Kota. Selain tulisan di surat suara, pemilih dapat membedakan kelima jenis surat suara ini melalui warna di masing-masing kertasnya.

Pertama, surat suara untuk pemilihan Presiden dan Wakil Presiden diberi tanda dengan warna abu-abu. Dalam surat suara ini, akan ditampilkan foto masing-masing kandidat, nama, nomor urut, serta di bawahnya tertera logo partai pengusung paslon.


BERITA TERKAIT:
Masa Tenang, Masih Banyak APK Beredar di Jalan Protokol Subang
Ketua HIMA PUI Majalengka: Jangan Golput! Jangan Kalah Sama Orang Gila
Bupati Ruhimat Ajak Warga Subang Gunakan Hak Pilih di Pemilu 2019

Kedua, surat suara pemilihan DPD RI dengan warna merah. Sama halnya surat suara presiden, DPD RI juga menampilkan foto kandidat lengkap dengan nama dan nomor urut.

Ketiga, ada surat suara untuk DPR RI yang diberi warna kuning. Berbeda dengan dua surat suara sebelumnya, surat suara DPR RI menampilkan logo parpol, nomor urut parpol, nama caleg, serta nama urut caleg.

Surat suara keempat yaitu, untuk pemilihan DPRD tingkat Kabupaten/Kota dengan warna hijau. Isi surat suara ini serupa dengan DPR RI, yaitu menampilkan logo parpol, nomor urut parpol, nama caleg, serta nama urut caleg.


BERITA LAIN:
5 Temuan KIPP Soal Surat Suara Tercoblos di Malaysia
Polisi Bersenjata Kawal Pendistribusian Logistik Pemilu ke Pantura Subang
PPK Pabuaran Subang Siapkan 170 TPS dan 850 Kotak Suara
Bawaslu Subang Sebut ada 2016 TPS Berpotensi Rawan Pada Pemilu 17 April 2019

Terakhir, surat suara pemilihan DPRD tingkat Provinsi yang diberi warna biru. Surat suara ini juga berisikan logo parpol, nomor urut parpol, nama caleg, serta nama urut caleg.

Selain warna, surat suara ini juga memiliki ukiran yang berbeda. Surat suara pilpres berukuran 22 x 31 cm, sedangkan empat surat suara lain memiliki ukuran 51 x 82 cm.


Sebelum mencoblos, pastikan surat suara yang diterima dalam keadaan baik atau tidak rusak. Tetapi tenang saja, bila ternyata surat suara tersebut rusak, pemilih dapat langsung meminta surat suara penganti kepada Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).


FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
Twitter: TINTAHIJAUcom
YouTube: TINTAHIJAU Channel


Twitter Update

Bawaslu Jabar Beri Santunan untuk Keluarga Pengawas TPS yang Meninggal https://t.co/qlTiXGffjj
Suara Prabowo di TPS Depok 148 Ditulis di Web Cuma 3 Suara https://t.co/DLNlMoyLvE
Jelang Ramadan Harga Cabai Merah di Pabuaran Subang Semakin 'Pedas' https://t.co/myZRZFxRi3
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page