Follow us:

Cek Gudang Logistik, KPU Subang Bantah Ada Kotak Suara Rusak

SUBANG, TINTAHIJAU.com - Komisi Pemiihan Umum Daerah (KPUD) Subang membantah tudingan ada kotak suara di Subang yang rusak. Tudingan itu sebelumnya dilontarkan Bawaslu setelah monitoring ke Gudang Logistik KPUD di Sukamelang, Subang.

Ketua KPUD Subang Suryaman menegaskan, tudingan Bawaslu adanya kotak suara Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) di Gudang Logistik tidak benar. Menurut Suryaman, kondisi kotak suara berada dalam kondisi utuh dan rapih.

"Kita membantah adanya kota suara rusak. Karena selama ini kota suara utuh tersimpan rapih di Gudang 3 Sukamelang," kata Aman kepada TINTAHIJAU.com saat meninjau Gudang bersama Ketua KPU Jabar, Senin (3/2/2019).

BACA: Monitoring ke Subang, Bawaslu Jabar Temukan Kotak Suara Pemilu Rusak

Sebelumnya Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) provinsi Jawa Barat menemukan kotak suara pemilu yang rusak di wilayah Subang dan Depok. Menurut Anggota Bawaslu Jawa Barat, Zaki Hilmi, kotak suara rusak ditemukan pihaknya saat melakukan pengecekan logistik pemilu di sejumlah daerah.

Saat mengecek kotak suara di gudang logistik Subang dan Depok, pihak Bawaslu menguji kekuatan kotak suara dengan mendudukinya. Hasilnya, sejumlah kotak suara penyok saat diberi beban. "Udah diuji coba ya, nggak mungkin (kotak suara) disetting (dirakit) semua ya. Artinya dari sampling yang udah ada, itu diduduki, selebihnya masih ada di posisi masih dalam pengepakan," kata Zaki saat dikonfirmasi, Kamis (31/1/2019) malam.

Zaki sebelumnya telah memperkirakan, kotak suara berpotensi rusak jika penyimpanannya tidak dilakukan secara benar. Seharusnya, kotak suara disimpan dalam tempat yang kering dan tidak lembab. Hal ini demi menjaga kadar kekeringan kotak yang berbahan dasar dupleks.

"Kalau gudang itu dijaga di suhu yang terjaga, tidak lembab, maka kekeringanya kan terjaga juga kadar kekringan bahan kardusnya," tutur Zaki.   


FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
Twitter: TINTAHIAJUcom  
Youtube: TINTAHIJAU Channel


Twitter Update

Diduga Korupsi Dana Desa, Dua Mantan Kades di Majalengka Berurusan dengan Hukum https://t.co/4Zs4Y3svIU
Jelang Pemilu, Kasau Tegaskan Harga Mati TNI Wajib Netral https://t.co/9Femj7fBf4
Jangan Ditiru! Ini Pengalaman Buruk Kebiasan Pake Ojol https://t.co/2VkGm1qzLW
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page